Tips Biar Bisa Travelling

at Ora Beach - Maluku
Dunia travelling sedang sangat digandrungi saat ini, baik travelling ke luar negeri ataupun di dalam negeri. Tempat - tempat wisata yang dulunya belum banyak dijamah orang, kini mulai diperkenalkan melalui sosial media. Khususnya tempat - tempat wisata di Indonesia. Orang - orang mulai tertarik untuk keliling Indonesia, melihat keindahan negeri sendiri dibanding negara luar. 

Walaupun peminat wisata luar negeri masih tetap banyak, namun lokasi - lokasi indah di Indonesia makin banyak peminatnya. Bukan lantaran wisata di dalam negeri lebih murah, tapi belakangan orang - orang lebih suka menikmati keindahan gunung - gunung, pulau - pulau serta pantai - pantai yang cantik di Indonesia.

at Tugu Kilometer 0 Indonesia - Sabang
Budget yang dikeluarkan untuk berwisata ke tempat eksotis tersebut tidak terbilang murah, kita harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk berwisata ke daerah timur Indonesia yang terkenal dengan keindahan pantai dan pesona bawah lautnya. Sulitnya transportasi menuju dan selama di sana yang menyebabkan agak mahalnya berwisata ke daerah timur. Namun jika kita sudah sampai di tempat tersebut, langsung terbayar lunas! Tidak lagi terasa mahal budget yang kita keluarkan, jika sudah melihat keindahan yang Tuhan ciptakan di negeri tercinta, Indonesia.

at Kiluan Bay - Lampung
Ini dia sedikit tips dan trik biar kamu bisa travelling saat menghadapi tempat tujuan yang membutuhkan budget "luar biasa"!!  Yang ngga butuh budget luar biasa, juga bisa kok diikutin~ intinya gimana trik kita menyiapkan budget untuk travelling!
1. NABUNG
Klise sih emang, tapi ini sesuatu yang amat sangat wajib dilakukan buat kamu para pecinta travelling. Intinya sih harus konsisten untuk masalah tabung menabung ini. 

at Universal Studio Singapore
Kamu bisa menyiapkan rekening khusus untuk travelling dengan mematahkan ATM-nya, jadi dengan tidak adanya ATM, tangan kamu yang gatel ngeluarin duit itu akan males dan mikir - mikir lagi buat ambil uang ke bank. Alhasil tabungan kamu aman sampai waktunya kamu berangkat untuk travelling.
Atau kamu juga bisa nabung dengan cara tradisional, yaitu dengan nabung di celengan ayam dari tanah liat. Kenapa tanah liat? Karena sayang banget kalau dipecahin saat isinya masih sedikit. Tapi kalo isinya udah banyak dan kamu udah siap buat travelling, si celengan ayam itu ngga akan sayang kalo dipecahin, karena dia sudah bertugas sesuai dengan fungsinya.

Cara ketiga, kalau kamu sering travelling dengan temen - temen genk kamu, mungkin kamu bisa nabung bareng - bareng yang dikumpulkan ke salah satu orang yang dapat dipercaya. Manfaatnya adalah bisa saling mengingatkan satu sama lain dan saling memotivasi untuk nabung.

at Johor Bahru - Malaysia
2. BAWA MAKAN KE KANTOR / KAMPUS / SEKOLAH 
Ini pengalaman gw banget, gimana caranya biar menghemat pengeluaran untuk jalan - jalan. Awalnya karena waktu itu gw mau pergi ke Singapore, pertama kalinya gw travelling dengan budget yang lumayan gede. Apalagi saat itu dollar Singapore lagi agak sedikit naik, sedangkan tiket promo udah kebeli. Mau ngga mau dong, harus punya cara buat ngumpulin uang biar ngga jadi gembel di negara orang.
Akhirnya gw rajin deh bawa bekel alias makan siang ke kantor. Anggap aja gw makan siang 20rb setiap hari, dikali 22 hari kerja, total bisa 440rb. Mayan kaann.. buat jajan - jajan cilok di Singapore mahh bisa.

Nahh dari situ gw jadi kebiasaan bawa makan siang, di sisi lain emak gw pun lebih seneng kalo gw bawa bekel. Pertama, karena tau anaknya makan - makanan yang kualitasnya terjaga, alias ngga jajan sembarangan. Kedua, emak gw seneng masakannya dimakan (ini gw ngerasain banget sihh, kalo abis masak terus ada yang makan masakan kita rasanya tuhh~ ngga bisa diungkapin dengan kata - kata deh pokonya! Bahagia yang pasti :') ). Ketiga, emak gw tau kalo anaknya jadi bisa ngirit, hemat dan prihatin.. (eeemmm~~ yang ini sihh sorry to say yaa mamake, aku ngirit karena ingin menghabiskan uang lagi~  ahahaha *terus kalo emak gw baca blog gw, bisa digaplok nih :")))) ).

Tapi pengalaman membawa bekel ini ngga serta merta berjalan indah begitu aja, karena saking seringnya gw bawa bekel ke kantor, gw sampe dibilang "BOKEK" sama temen gw. Kann aseemm!! Tapi gw sih bodo amat yaahh~~ terus kalo gw ngga bawa bekel, emang lo mau bayarin gw travelling??!! *nahh, kicep kan lo?!*

3. HINDARI ONLINE SHOP
Sorry to say untuk semua pemilik online shop di muka bumi ini, karena godaan kali begitu besar jadi lebih dihindari, dibanding akhirnya..ujung-ujungnya gw ngga jadi jalan - jalan, yee kaann??

Walaupun pada akhirnya, sebagai wanita tulen gw ngga bisa tutup mata begitu aja, pasti tetep se-intip dua-intip! Yang dilihat online shop perlengkapan untuk travelling juga, jadi dimaafkan yaahh..karena saya butuh! Bhaayy maksimal!! *eeiittss, tapi tetep jauh - jauh deh dari godaan online shop kalo ada niatan mau jalan - jalan dengan membutuhkan budget yang lebih. Jangan cek IG-nya si kakak itu dulu :")
at Tangkuban Parahu - Bandung

at Pulau Samosir - Medan
4. HINDARI TEMPAT MAKAN MAHAL
Bro..broo..  di era yang serba canggih ini, social media yang udah dianggap seperti dewa ini bisa menyampaikan informasi dengan sangat cepat dimanapun anda berada (selama ada sinyal). Jadi begini maksudnya.. taukan yang namanya Path, Instagram, Facebook atau media sosial lainnya yang bisa nge-share foto, moment, lokasi, dll. Disitu kadang gw lihat banyak banget orang yang bangga kalo dia lagi nongkrong di tempat ngopi A, lagi makan di restaurant B, lagi ngemil cantik di kafe C.. yang semata - mata hanya untuk kepentingan publisitas semata di dunia sosial media, biar terlihat eksis.

Bro..broo.. bukannya ngiri sihh bro, tapi ini sih tips dari gw aja, kalo mau travelling dengan membutuhkan budget yang lumayan gede, mending menghindari tempat - tempat itu karena budget yang kita keluarkan bisa banget buat jajan - jajan atau beli oleh - oleh nanti di lokasi kita travelling.
Yang penting kita makan enak dan makan sehat.. makanan enak tidak harus mahal! Karena menurut gw, makanan yang dibuat Emak gw aja itu udah enak bgt dan pastinya sehat :")

at Pantai Losari - Makassar
JADI INTINYAAA...
Jadi intinya sih, kalo lo bukan anak orang kaya yang nadah tangan langsung dapet uang atau gaji lo ber-digit-digit, yaa lo harus berhemat dalam pengeluaran! Di setiap perjuangan, ada pengorbanan.. Lo mau liburan enak, berkorban dulu dengan mengurangi pengeluaran lo. Dan satu hal yang pasti banyak - banyak berdoa dan beramal. Makin banyak beramal, makin banyak pemasukan. Itu kuncinya.. Bissmillah pasti bisa :)


Udah segitu dulu tips-nya yaaaa... :p

at Bromo - Probolinggo


Comments

Post a Comment

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)

Jakarta - Malang - Probolinggo - Bromo

Rincian Biaya Trip To Maluku

Pulau Tegal - Pasir Timbul, Lampung

Jakarta - Medan - Aceh - Sabang