TRIPING KE BELITUNG - DAY 1

Yeeaayy! Akhirnya blog #TRIPING yang sempet mati suri dan udah dilumutin serta disinggahi banyak sarang laba - laba karena ngga diupdate - update dengan cerita Trip Bareng Aming, hidup kembali! wkwk

Si Aming akhirnya jalan - jalan lagi, ngetrip lagiii~
Kali ini #TRIPING pergi ke negeri Laskar Pelangi alias Pulau Belitung atau penduduk sana menyebutnya Belitong. Pulau yang memiliki pantai cantik dengan ciri khas batu - batu yang amat sangat besarnya ini, kayaknya wajib deh masuk list jalan - jalan kalian juga! Kenapa? Karena yaa selain bagus, untuk biayanya sendiri masih terbilang cukup murah, dibanding ke Bali apalagi ke Raja Ampat.. ((((yaeyaaalaaahh))))

😁😂

baru sampe, kayaknya sih wajib yaa foto di depan tulisan bandara ini 😆
Jadi kemarin gw ambil penerbangan yang agak siang, karena males yang first flight pagi - pagi buta, deg-deg-an takut kesiangan, belum lagi cari taksi, dsb - dsb ke-rempita-an lain - lainnya. Ditambah lagi harga tiketnya termasuk agak mahal kalo berangkat di Sabtu pagi. Sampai Tanjung Pandan sekitar jam 1 siang, begitu turun pesawat kita masih mikir, mau naik apa yaaa ke hotelnya, karena kita belum sewa kendaraan di hari pertama, karena emang ngga niat mau kemana - mana hari pertama itu. Mau keliling sekitaran hotel aja, atau sekitar kota Tanjung Pendam aja, karena katanya lumayan deket dari hotel kita. Jadi, sayang dong kalo mesti sewa mobil seharian tapi dipakenya cuma sebentaran.

Akhirnya, kita putuskan untuk cek aplikasi kendaraan online, kita cek lah Go-Car, katanya sih ada, ternyata emang ada! Untungnya sih adaaa.. tapi emang ngga terlalu banyak armadanya. Terselamatkan lah 2 anak gadis ini, karena kalo mesti naik taksi/travel langsung di bandara ada yang bilang mahal, dan lain - lainnya. Kalo naik Go-Car kan udah ketauan yaa harganya. Dari bandara ke hotel kita di Tanjung Pendam, cukup 64.000 saja.

Ohh iyaa #TRIPING kali ini, gw ditemenin sama Resty Res-Res, biduan Tanjung Barat (dia ngga punya IG, Twitter atau FB - pokoknya dia ansosmed-lahh, jadi kalo butuh kontaknya, langsung hubungin gw aja) - ceritanya mau jadi manager artis. *kemudian dikeplak sama orangnya* 😂😂

Resty Res Res.. *background fotonya bagus yaakk*
Ketika sampai di hotel, langsung disambut... sama penjaga hotel yang bukain pintu. Hotelnya oke banget sih, lokasinya sangat amat strategis, di seberang hotel ada Pantai Tanjung Pendam, yang merupakan salah satu tempat gaulnya Belitong. Di sana banyak cafe - cafe seru yang buka sampai malam, jadi ngga perlu takut kelaperan tengah malam.

Setelah nunggu kurang lebih 1/2 jam karena kamar lagi dibersihin, untung ada welcome drink - es jeruk kunci (minuman khas Belitung) yang enak banget itu, dan gw pun nambah berkali - kali karena saking hausnya enaknya.

😛😛

Kita masuk ke kamar, bersihin muka yang rasanya lengket banget, karena cuaca di Belitung hari itu cukup panas. Rebahan sebentar, dandan lagi, dan cuss langsung ke pantai di seberang hotel, Pantai Tanjung Pendam, yang masuknya 2.000 rupiah aja per orang. Niatnya mau cari makan di area pantai, tapi beruntungnya, tadi iseng - iseng nanya sama tukang tiketnya, ada tempat penyewaan motor atau ngga deket situ, ehh malah disuruh sewa motor kepala penjaga pantainya. Mayan harganya 50ribu! Dibanding sewa - sewa lewat web gitu, 75ribu dan emang kebetulan pas mau disewa, udah full booked semua.

Hotel Grand Hatika, cucok meong 😸😻
Pantai Tanjung Pendam *makasih pager pembatas udah difotoin, karena kita ngga bawa tripod* 😝😝

Ngga berlama - lama kita main di Pantai Tanjung Pendam, kita langsung pinjem motornya, mau cari makan. Niatnya mau nyobain Mie Belitung (yang terkenal di kota, namanya Mie Atep), ternyata Atep itu adalah nama si pemilik rumah makan mie Belitung yang katanya pertama kali ada di sana. Ketika dateng mie-nya, yang gw liat penampakannya kayak perpaduan mie ayam + mie Aceh + pempek Palembang. Mie nya kayak mie ayam, kuahnya kayak Mie Aceh, tapi ada timunnya kayak pempek Palembang. Ditambah lagi ada emping, kentang, tahu dan juga udang.

Terus rasanya gimana, sob?!

Enaaaaaaa'!!!

Mie Atep, MANTEP!!

Mama Suka, Aming juga suka 😋😋
Harganya juga lumayan yaa, 24ribu saja udah sama minum es teh manis.
Mau makan lagi? Yaa mau laahhh~ tapi di Jakarta ngga tau ada apa ngga Mie Belitung, kalo ada yang tahu, yaa kasih tahu atuuhh..

Setelah makan Mie Belitung, kita lanjutkan perjalanan naik motor, so'toy banget siihh main asal jalan aja. Niatnya mau kulineran yang lain, tapi yang ditemuin yaa sama aja kayak di Jakarta, kalo ngga nasi padang, bakso, yaa ayam goreng. 😅😅
Ohh iyaa, di video itu gw ngga pake helm, karena kata yang punya motor ngga ada helmnya lagi. Dan katanya gpp, kalo ditilang bilang aja pinjem motornya sama kepala penjaga Pantai Tanjung Pendam. *ngerriii* 😆😂
*padahal mahh, pake helm itu demi keselamatan, bukan karena takut ditilang*
*si Aming lagi bener*

Setelah menyusuri jalan yang kalo diliat - liat kok makin sepi, kok rumahnya makin jarang, akhirnya kita puter balik, ke pusat kota. Di pusat kotanya itu sendiri, ada monumen dengan batu hitam besar di atasnya. Namanya batu satam. Apasih batu satam itu? Bisa cek di Google yaakk. 😂😂 Intinya batunya warna hitam, ada urat - uratnya gitu. Kalo kata orang Belitong, batu satam itu batu meteor yang jatuh dari langit, terus batu itu katanya bisa hidup, bisa gerak, ngga ngerti juga lah, itu beneran atau mitos.

Akhirnya sebelum balik ke hotel, kita mampir dulu nih, ke 3 tempat~

1. Rumah Adat Belitong
Pokonya kita so'toy banget sih, cuma ngikutin plang petunjuk jalan dan ujung-ujungnya buka Google Maps, karena takut nyasar. Ngga terlalu jauh dari pusat kota, akhirnya sampai juga di Rumah Adat Belitong. Kalo ngga salah sebelahnya itu kayak kantor pemerintahan atau militer gitu, gw juga ngga terlalu ngeh, karena sepi banget. Yang dateng kesitu cuma kita berdua atau emang udah tutup, karena sampe sana sekitar jam 4an, pintu rumahnya juga ngga dibuka. Jadi kita foto - foto di luarnya aja.

2. Ke Kedai Ketam Isi (Adena)
Di Belitong terkenal banget dengan seafoodnya. Salah satunya ketam, sejenis kepiting atau rajungan.  Di sini tersedia yang sudah matang atau masih 1/2 matang yang dibuat frozen, bisa untuk oleh - oleh. Kalau di luar freezer, bisa tahan 2 hari. Kalau di dalam freezer bisa tahan 3 bulan.

Rasanya?

Endeeesss.. Endolita.. Juarak!!
Enak banget! Apalagi yang pedes. Sayangnya yang dalam bentuk frozen ngga tersedia yang pedes.
Tapi hati - hati yaa, jangan kebanyakan, inget kolesterol naik.
🙊😁

3.  Kopi Kong Djie
Ke kedai kopi yang terkenal banget di Belitong. Namanya kedai Kopi Kong Djie. Jadi di Belitong itu banyak banget nama kedai Kopi Kong Djie, tapi kedai kopi Kong Djie yang pertama kali, ada di deket bundaran pusat kota. Kedainya kecil dan cukup ramai dibanding beberapa kedai - kedai Kopi Kong Djie yang gw lewatin sebelumnya.

Kita pesenlah kopi khas-nya, yang hitam pekat. Lalu disediakan 2 gelas kecil kopi hitam pesanan kita dan segelas gula yang bisa kita atur sendiri kadar kemanisannya. Seteguk pertama, rasanya kayak kopi.

Seteguk kedua, rasanya yaa kayak kopi kapal api yang diseduh sachetan. 😂😂

Jangan sedih duluuuu~
Ini karena yang komen bukan pecinta kopi, jarang - jarang minum kopi. Jadi ketika ditanya gimana rasanya? Yaa pasti bingung! Karena buat gw sendiri, rasa kopi yaa sama ajaaa. Yaa rasa KOPI! 😆😆
Tapi yang paling berasa sih, ketika tegukan ke-3 di perut berasa bangeeett langsung naiknya. Mungkin itu asam lambung yang naik, yaa maklum punya maag juga. bhaakkss!! 😆😆

Setelah sampai di hotel, kita mandi dan lain-lainnya lahh. Niatnya malam itu kita mau berenang di kolam renang hotel, ternyata lagi ada acara dinner, dan kolam renangnya jadi ngga bisa dipake. huft!
Akhirnya malam itu kita putuskan untuk cari makan aja dan bersantai di salah satu cafe di Pantai Tanjung Pendam sampai malam.

Untuk makan malam  kita coba makan di Rumah Makan Belitong Timpo Duluk. Berbagai menu khas Belitong ditawarkan di sana. Kita coba pesan Gangan Campur & Berego.

Gangan adalah sup ikan dengan bumbu rempah - rempah. Yang kita pesan dicampur dengan udang dan cumi.

Rasanya gimana, sob?!

Eemmm... enak siihh, tapi kalo buat gw, kalo terlalu kebanyakan jadi enek yaa. Karena berasa banget amisnya, dan santan? Ngga tau juga deh itu santan apa bukan. Kalo buat gw sih, cukup nyobain aja, ngga mau nambah lagi.
🙈🙊

Gangan dengan wadah buah kelapa
Sedangkan Berego, adalah cemilan basah yang terbuat dari tepung beras. Kayak makan bubur sumsum tapi kuahnya sayur ketupat gitu deh. Hahaha

Maapin dahh yaa, 2 makanan ini di mulut gw kurang bersahabat. Ngga tau kalo di mulutnya mas Anang.

😂😂

Berego sebelum dicampur kuah

Berego sesudah dicampur kuah

Oke udah itu aja, kulineran kita malam itu. Ngga mau yang aneh - aneh, karena rasa kuat kopi tadi sore masih berasa banget, ditambah lagi 2 makanan yang ada campuran santannya. Kalo gw ke rumah makan ini lagi sih mending nyobain makanan yang lain. Suasana rumah makannya sih yang seru walaupun agak kecil tempatnya, temaram - temaram gitu, interiornya keren, banyak hiasan dinding peninggalan jaman dulu (yaa nama restonya aja Timpo Duluk yee ngga 😅😅). Dan sangat amat ramai, siap - siap waiting list mungkin.

Ohh iyaa, FYI saat ke RM Timpo Duluk kita pinjem motornya salah satu penjaga pantai Tanjung Pendam lagi. Harusnya sih motor yang sebelumnya kita sewa, bisa kita pakai lagi, tapi si bapaknya udah keburu ada meeting (((katanyaaa))). Akhirnya kita dipinjemin motor yang lain. Baik bener bapaknya, percaya aja sama kita. Dan you know what, motornya ngga bisa dikunci stang! Waduuhh ngeri amat yaaa, kalo ntar tuh motor digondol maling pas kita lagi makan di dalam gimanaaaa... Pokonya selama makan kita agak was-was gitu deh.

Tapi tenang, sobb.. tenang!

Di Tanjung Pendam ternyata aman banget. Motor ngga dikunci juga ngga bakal ilang katanya. Dan emang bener sih, motor yang kita pinjem aman - aman aja. Terus gw juga sempet liat juga pas sore, waktu mampir ke ATM di pom bensin, ada mba - mba yang ke ATM bawa motor, terus main tinggalin kunci motornya di motor, dan dia masuk ke ATM dengan santainya. Laaahh.. kalo di Jakarta tuh motor udah raib entah kemana. Pengalaman gw yang pernah keilangan motor (padahal motor udah dikunci, masuk ke Alfamart sebentar, ngga lama tuh motor udah lenyap).
*luuaaarrr biasa memang sulapnya di Jakarta*
👏👏👏

Dan malamnya kita pilih ber-nyanyi ria bersama di reggae bar & resto, karena penampilan band yang oke salah satunya di cafe ini. Ada cafe yang penampilan band-nya oke bawain lagu slow rock yang udah akrab di telinga lah pokoknyat tapi ruameee rek! sampe ngga ada kursi kosong tersisa. Anak muda Tanjung Pendam pada keluar semua kayaknya.

Baelaahh.. kita nongkrong cantik di reggae bar & resto ini, dengan memesan segelas es cokelat sampai malam dan akhirnya gw request lagu reggae kesayangan dari Bob Marley dengan Waitin in Vain dan Redemption Song. Laahh kookkk.. eyke malah jadi betah yaa, jadi nostalgia ke masa - masa kuliah, yang rajin banget nonton gigs. Mulai jadi groupisnya band reggae kampus sampe Gangstarasta. 😁😁

Reggae Bar & Resto, Pantai Tanjung Pendam

Yodaahhh itu dulu cerita di hari pertama~
Mabok kan lu - lu pada baca blog w yang kepanjangan. hahaha

Jangan lupa tonton videonya juga, biar makin kebayang keseruan kita. wkwk

😘😘

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)