Tempat - Tempat Yang Wajib Dikunjungi Saat Di Yogyakarta


Jogja istimewa, pic by Google
Buat kalian yang mau refreshing sejenak tapi ngga punya waktu banyak, tapi banyak mau nya. Atau ada rencana mau ke Yogyakarta tapi cuma punya waktu singkat atau ngga punya cuti, jadi kalian bisa berangkat hari Jumat malam dan pulang di hari Minggu sore. Bisa nih intip itinerary 2 Hari 1 Malam di Yogyakarta! Kalian bisa berangkat Jumat malam setelah pulang kerja dengan pesawat atau kereta api. Kalo gw pribadi untuk bepergian masih area pulau Jawa lebih suka naik kereta api.

Berikut ini pilihan jadwal kereta api kalau berangkat Jumat malam:


Yang perlu diperhatikan, ketika hanya memiliki sedikit waktu untuk bepergian, pastikan kita harus sudah prepare mengenai akomodasi dan transportasi. Sebaiknya kita sudah booking tempat menginap jauh - jauh hari, begitupun dengan transportasi. Jadi ketika kita sampai di Yogyakarta pada Sabtu pagi, kita sudah bisa dijemput di stasiun atau bandara. 

Untuk tujuan pertama, kalian bisa memilih lokasi yang agak jauh dari kota Yogyakarta tapi banyak lokasi wisata yang bisa sekaligus didatangi, yaitu daerah Gunung Kidul. Di sana banyak sekali pantai - pantai indah yang bisa membuat refreshing pikiran. Pantai dengan udara sejuk serta air laut yang cukup dingin. Contohnya Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Pok Tunggal dan masih banyak lagi. 


Pantai Indrayanti
Pantai di Gunung Kidul ini bersih, pasir pantainya pun masih terawat. Mau berenang di pinggir pantai bisa, tapi tetap harus hati - hati yaa, karena ombaknya bisa terbilang cukup besar. Airnya dingin, walaupun cuaca saat itu sedang panas - panasnya. 

Setelah dari pantai di Gunung Kidul, kita bisa menuju ke Tebing Breksi. Waktu yang tepat ke Tebing Breksi adalah saat siang, saat matahari masih sedang cantik - cantiknya, jangan saat terbenam. Selain sudah gelap dan tidak mendapatkan hasil foto yang bagus, tempat tersebut sebagian sudah ditutup kalau malam.

Foto - foto di tempat ini bisa 100% kece, karena tempatnya yang eksotis dan instagramable.

pinjem fotonya yaa mas Dedy..
Setelah dari Tebing Breksi kita bisa menikmati indahnya sunset di Candi Ijo yang letaknya tidak terlalu jauh dengan Tebing Breksi. Candi Ijo yang letaknya di atas bukit ini, memiliki udara yang sejuk. Dari lokasi ini kita juga bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Landasan Pacu Bandara Adisucipto. Candi Ijo merupakan kompleks percandian bercorak Hindu, diperkirakan dibangun antara kurun abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram.

Foto - foto di sini wajib banget, karena tempatnya yang bagus, dan hasilnya pasti cucok meong! :"))
Tapi 1 hal yang perlu diingat, tetap jaga sopan santun yaa, karena candi merupakan tempat suci.
 




Setelah dari wilayah Gunung Kidul, kita bisa kembali ke kota Yogyakarta. Bisa dilanjutkan mengunjungi Taman Pelangi atau Monumen Jogja Kembali yang lebih dikenal dengan MONJALI.
Jika ke tempat ini harus di malam hari, karena isinya merupakan lampion - lampion hias dengan lampu warna - warninya seperti pelangi. Taman Pelangi ini cukup luas, dengan memutari taman ini keseluruhan cukup memakan tenaga dan lumayan bikin kaki pegel, hehe

Tapi tenang saja, karena unik - uniknya lampion hias yang ada di sini kita tidak akan terlalu merasa pegal, yang ada malah membuat hati senang. Untuk foto - foto di tempat ini, bisa menggunakan kamera handphone, tapi hasilnya akan lebih optimal jika kita menggunakan kamera yang lebih pro.

difoto dengan kamera handphone
difoto dengan kamera handphone
difoto dengan kamera pro
Setelah dari Monjali kita bisa langsung ke hotel untuk check in, ada rekomendasi hotel murah dengan fasilitas yang lumayan oke di dekat Malioboro, tepatnya di jalan Sosrowijayan namanya hotel Monica. Hotel ini cukup asri dan nyaman. Karena letaknya sangat dekat dengan Malioboro, jadi kalau malam hari kalian ingin keliling Malioboro sambil melihat - lihat pernak - pernik atau souvenir untuk dibawa pulang sebagai oleh - oleh, pas banget bisa stay di tempat ini. Selain itu kuliner di Malioboro pun banyak, terutama angkringan alias nasi kucing, kalau malam digelar di depan ruko - ruko Malioboro.

pic by Google


Di hari Minggu pagi, kita bisa menikmati asrinya Jl. Sosrowijayan, di pagi hari terdapat pedagang kaki lima yang menjajakan menu sarapan pagi, mulai dari nasi, gorengan dan masih banyak lagi. Jadi kita tidak perlu takut kelaparan. Mini market di area ini pun ada.

Kalau kalian berencana kembali ke Jakarta atau kota lainnya, dengan menggunakan kereta malam, masih bisa menikmati salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta yang sedang hits saat ini, yaitu Hutan Pinus Mangunan.

Seperti layaknya Hutan Pinus, tempat ini dikelilingi pohon - pohon pinus yang tinggi - tinggi. Udaranya sangat sejuk, tempatnya bagus dan instagramable. Banyak tempat menarik di hutan pinus ini, kita tinggal pilih saja mau kemana. Tapi dari satu tempat ke tempat lainnya lumayan jauh, jadi dipastikan pilih salah satu atau beberapa saja untuk mempersingkat waktu.

Setelah dari Hutan Pinus kita bisa kembali ke kota Yogyakarta, sambil menunggu waktu keberangkatan kereta, kita bisa keliling sebentar mencari oleh - oleh khas Jogja, seperti bakpia pathok atau cake kekinian milik selebriti yang sedang nge-trend, seperti Mamahke Jogja atau Jogja Scrummy. Silahkan memilih dan menikmati, guys! ;)




Comments

Post a Comment

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)

Jakarta - Malang - Probolinggo - Bromo

Rincian Biaya Trip To Maluku

Pulau Tegal - Pasir Timbul, Lampung

Jakarta - Medan - Aceh - Sabang