Petualangan Aya Aming di Bali

at Jimbaran Beach
Aaahh bingung deh mau mulai nulis cerita tentang perjalanan ke Bali yang kali ini gimana, karena too much story yang seru - seru, hihihi

Oke, langsung aja yaaa.. jadi setelah perjalanan yang ngga kalah serunya ke tanah Borneo sebelumnya (Triping ke Tanjung Puting), gw & Wince berpisah dengan Orang Utan Squad (Mario, Fe & Sandy) di Bandara Pangkalan Bun. Mereka melanjutkan perjalanan ke Jakarta, sedangkan gw & Wince melanjutkan perjalanan ke Semarang. Kenapa ke Semarang?! Padahal kan kita mau ke Bali.. jadi sebagai anak backpacker yang ngirit budget, alhasil kita nyari penerbangan dan transportasi lainnya yang lebih murah. Walaupun harus menyita waktu agak lumayan lama, tapi untuk mengirit budget lumayan lahh yaa, dibanding harus ke Surabaya atau langsung ke Bali. Beruntungnya, walaupun murah kita dapet penerbangan yang ngga murahan, kita naik Garuda Explore, yeeaayy.. akhirnya naik pesawat kecil dari maskapai ini.

SAMPAI DI SEMARANG!
Setelah melakukan perjalanan di udara selama kurang lebih 1 jam, sampailah kita di Bandara Achmad Yani Semarang, kita harus mengejar bis ke terminal Terboyo - Semarang untuk melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Berhubung kita ngga tau naik apa, akhirnya tanya sama petugas kalo mau naik bis Damri dari mana. Di arahkan petugas keluar bandara, dan itu adanya Trans Semarang bukan Bis Damri. Sambil menunggu bis yang datang kita makan siang dulu dengan mie ayam di dekat pintu keluar bandara, di bawah pohon yang tidak terlalu jauh dari halte busway dan letaknya tak jauh dari rel kereta.

mie ayam di bawah pohon depan bandara Achmad Yani Semarang ini eunaakk tenan!
Hampir setengah jam lebih menunggu, akhirnya si Bis yang ditunggu datang juga. Setelah sampai di terminal Terboyo, kita mulai mencari bis yang menuju ke Surabaya. Coba cek di internet ada banyak pilihan tapi ketika sampai di terminal cuma ada 1 bis yang ngetem, namanya bis Indonesia. Yaa mau ngga mau kita naik bis itu, karena ngejar waktu juga. Harganya cukup murah 52.000 saja, diluar dari perhitungan budget yang kita prediksi, yess ngirit! 2 jam pertama perjalanan masih asoy, tapi begitu sudah memasuki wilayah Pati - Jawa Tengah, astagfirullah.. mau tobat gw sob! Itu sopir punya nyawa 9 kayak kucing kali, bawanya asal terobos aja, kanan - kiri main hajar. Gw yang duduk di depan sampe tegang ngeliatnya, karena banyak motor - motor di kanan kirinya. Mau tidur ngga bisa, mau meremin mata ngeri, mau melek pun sama ngerinya! Mungkin ini yang banyak menyebabkan kecelakaan di Indonesia antara pengendara motor & bis, karena si sopir bis bawa ugal-ugalan. Dengkul rasanya mau copot, udah lemes deh pokoknya. Mau ganti bis juga ngga tau, takut ngga ada yang lewat juga. Sampe akhirnya si bis nabrak dahan pohon dan ada kaca yang pecah, alhasil kita dioper ke bis yang lain.

Dalam hati, mengucap Alhamdulillah akhirnya bisa lolos dari kandang harimau. Dan kali ini kita memilih duduk di belakang, karena posisi depan dan tengah udah penuh. Lagi - lagi, satu jam pertama berjalan masih biasa, selanjutnya bisa nebak sendiri yaaa.. kita kayak lolos dari kandang harimau, masuk ke kandang singa, ngga ada bedanya! Kalo duduk di depan keliatan banget nerobos jalan rayanya, kalo duduk di belakang berasa banget dikocok - kocoknya. Yaa Allah..bener - bener tobat deh! Nyawa gw dihargain 52ribu aja shaaayyy~ ngga lagi - lagi deh kayak begini, mending pilih naik kereta, dan tetep cari yang paling murah..hahaha
*Hayati lelah dikocok - kocok di dalem bis malem* :"(((((

Look at the man who's wearing helmet. He knows that the bus isn't safety! :(
SAMPAI DI SURABAYA!
Setelah sampai di Surabaya, sekitar jam 9 malam. Kita langsung cari bis ke arah Denpasar, walaupun sebenernya perut laper, tapi daripada nanti ngga dapet bis jadi kita kesampingkan dulu masalah perut. Awalnya lagi - lagi mau cari sesuai dengan info yang ada di internet, tapi akhirnya kita menyerah karena ngga ada. Dan kebetulan ada bapak - bapak berseragam P.O bus yang menawarkan ke Denpasar, akhirnya kita pilih bis tersebut. Nama bis-nya Sarika, alhamdulillah kali ini dapet yang VIP, lumayanlah yaa, bisa bobo cantik dalam bis, karena disediakan selimut juga. Berhubung malem perjalanannya, gw sih ngga ngerasain itu bis jalannya ugal - ugalan kayak yang sebelumnya. Kayaknya sihh ngga yahh.. ehehe! :"))

Sampai di pelabuhan Ketapang - Banyuwangi, bis langsung menuju ke kapal ferry. Setelah berada di dalam kapal ferry hari sudah pagi, matahari bersembunyi malu - malu. Ketika di atas kapal ferry, kita langsung naik ke dek kapal, terombang - ambing di lautannya cukup berasa, untungnya perjalanan laut ngga begitu lama, ngga sampai 2 jam kita sudah bersandar di dermaga pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Arrived at Gilimanuk Port
SAMPAI JUGA DI BALI!
Perjalanan dari Gilimanuk ke Denpasar ternyata masih membutuhkan waktu yang cukup lama. Ohh iyaa, saat tiba di Pelabuhan Gilimanuk, para penumpang disuruh turun untuk diperiksa KTPnya, jadi siap - siap bawa tanda pengenal yaa..
Perjalanan masih sekitar 4 jam lagi, jadi mata masih kreyep - kreyep di dalam bis dan akhirnya bobo cantik. Sekitar jam 1 atau jam 2 siang kita sampai di terminal Denpasar. Dari sana kita pesen grab car untuk menuju hotel. Ternyata persaingan transportasi online di Bali pun sama ketatnya seperti di Jakarta. Kita pun harus kucing - kucingan dengan sopir angkot, tukang becak, dan lain - lainnya untuk naik mobil yang kita pesan.

Check in di Bali Kuta Resort - Swiss Bell Hotel, sekitar jam 3, gw suka sama suasananya, ngga terlalu rame juga, mungkin karena bukan weekend tapi lagi libur musim panas, jadi kebanyakan wisatawan asing tamu di hotelnya. Sedikit tips untuk yang mau cari penginapan, bisa cek di online travel semcam Agoda, Mister Aladin, Traveloka dan lainnya, karena lumayan murah promonya. Gw menginap di hotel ini per malam-nya cuma 200ribuan, carinya lewat Mister Aladin, dari yang biasanya bisa 400ribu lebih per malamnya, lumayan banget kaann buat yang mau hemat budget dan dapet hotel yang lumayan berkelas, dapet breakfast juga.

Our breakfast
Mau lanjut cari makan, tapi capek, lepek belom mandi dari kemarin pagi ahahaa.. jadinya kita mandi terus dandan cantik dulu, kemudian cari makanan di sekitar hotel. Jalan kaki dari hotel ke Jalan Legian cuma 15 menit, hotelnya lumayan strategis untuk kemana - mana. Sore itu kita makan 'NASI PADANG" sekalian makan malam, anaknya kelaperan banget shaayy!
Selesai makan, kita lanjut muter - muter di jalan Legian, mampir ke Surfer Girl Store, duuuhh~ godaan 'sale' dimana - mana, tapi dompet makin menipis dan siap - siap jadi gembel di Bali kalo mesti belanja yang macem - macem~~~

Ngga terlalu lama kita jalan - jalan di Legian, sekitar jam 8 kita udah balik ke hotel (yailaahh jam 8 udah ngedekem di kamar, bule - bule aja baru pada dandan :")))))). Rencananya kita mau santai - santai aja di balkon kamar tapi badan pengennya istirahat ajaa, dikarenakan jadwal besok pagi kita kudu punya energi ekstra buat keliling Bali seharian. (Ngga seluruh Bali juga sih, yakeleess pulau segede itu kita puterin seharian).

at Surfer Girl - Legian

Keesokan paginyaaa~

Setelah sarapan enak di hotel, kita langsung menuju Jalan Legian (mandi dan pastinya dandan cantik dulu yeess!) kita cari penyewaan motor. Sebelumnya kita udah tanya sama mas - mas penjual nasi padang kemarin, katanya cari aja penyewaan motor di pinggir jalan, paling harganya 60rb sampe 80rb paling mahal. Akhirnya dapet deh yang nyewain motor, tapi harganya hampir 2x lipat! WHAATT?!
Yupp.. ngga tau karena lagi high season atau kita yang ngga pinter nawar. Tp ujung-ujungnya kita dapet harga 100ribu setelah negosiasi alot sama Bli. Rayuan maut kita ngga mempan! Adek seediiihhh baaangg~

Yaudahlah yaa, daripada nyari susah lagi, akhirnya gw pilih motor Beat karena udah pegangan sehari - hari, tapi sama Bli dikasihnya motor Mio, karena katanya si motor Beat udah dimodif buat ngebut.. yasudahlah yaaa, akhirnya bawa motor Mio, yang lumayan juga kondisinya. Lalu mulai lahh Petualangan Aya Aming di Bali!!

Let's get lost, let's go!
PANTAI JIMBARAN!!
Setelah menyalakan GPS dan mengandalkan marka jalan dan sedikit nanya - nanya orang, akhirnya kita sampai juga di Pantai Jimbaran! Ayeeyyy~
Pantainya sepi, enak... garis pantainya cukup panjang, pasirnya masih putih bersih! Langitnya cerah, panasnya menggelora. Padahal waktu mau berangkat sempet gerimis mengundang dan hampir menyurutkan niat kita untuk jalan. Kita ngga terlalu lama di Jimbaran, jalan terus foto terus jalan lagi terus bikin video terus jalan lagi, terus capcus ke destinasi selanjutnya.

GWK - GARUDA WISNU KENCANA!!
Destinasi kedua, kita ke GWK - Garuda Wisnu Kencana. Kayaknya kalo ke Bali, belum afdol kalo belum ke tempat ini atau belum foto sama Patung Dewa Wisnu ataupun patung Garudanya, terbukti banyak rombongan tour yang sering membawa pesertanya ke tempat ini. Namun sayang, berhubung kita berdua sudah hampir menjadi gembel di Bali, dengan harga tiket masuk 80ribu, kita akhirnya mundur perlahan. Mending uangnya disimpen buat makan. Kita cuma bisa lihat patung Dewa Wisnu dari luar aja udah seneng kok :"))

ULUWATU!!
Destinasi berikutnya adalah Pura Luhur Uluwatu. Sampai di sana, untuk memasuki area Pura Luhur Uluwatu, dikenakan tarif sekitar 10ribu rupiah, berhubung saat kita kesana banyak sekali wisatawan luar, alhasil kita kena tarif luar juga. Huft! Selain itu, kita diwajibkan mengenakan kain yang dipinjamkan oleh penjaga, dikarenakan Pura Luhur tersebut adalah areal suci peribadatan umat Hindu. Saat mulai memasuki areal Pura, sudah banyak monyet - monyet yang bergelantungan di pohon dan para wisatawan dianjurkan untuk menjaga barang - barangnya, jangan memakai ikat rambut atau topi. Jangan membawa barang - barang yang sekiranya membuat tertarik perhatian para monyet, karena mereka suka iseng mengambil barang tersebut.

walaupun udah ketomprok monyet, muka tetep ceria! :"))
Gw merasa udah aman, ngga pake topi, kacamata udah gw masukin kantong, ngga ada yang aneh - aneh lahh pokonya. Ehh tapi rupanya gw lupa dan ngga ngeh, ternyata ada barang gw yang menarik perhatian si monyet. APAKAH ITUUUU??!!
Ternyata di tas gw menggantung sebuah hand sanitizer dan sun block, saat jalan ngga berapa lama, gw ngerasa belakang gw ada yang nomprok! OHH~EEMM~JIIIIIYYY~~~ Teriak seketika lah gw, ternyata tas gw ditomprok sama monyet yang ukurannya lumayan gede! Sempet diusir sama si Wince dan gw piki udah aman, ehh ditomprok lagi! Ternyata dia ngambil hand sanitizer gw.. dan gw baru ngeh disitu! Hahahah SUEEE! Untung si sun block masih terselamatkan, langsung gw masukin ke dalem tas. :")))))

Pemandangan dari atas Pura Luhur Uluwatu ini baguuss syekaaliii~ langsung menghadap lautan, kalo ngeliat ke bawah ngeri juga sih sob! ehehee

Saat balik menuju parkiran dari Pura, nasib 'beruntung' menimpa gw lagi! Lagi - lagi gw diincer sama monyet di sana, dan kali ini sendal gw yang jadi incaran -____-"
Udah ahh, capek nulisnya, nonton aja di vlog-nya yaaa :)))))

Sayang benderanya belum berkibar keseluruhan :((

PANTAI PADANG - PADANG!!
Okeeyy.. setelah dari Pura Luhur Uluwatu, kita melanjutkan ke Pantai Padang - Padang! Kata temen gw pantai padang - padang ini bagus, untuk menuju ke sana kita harus turun ke bawah dulu dan masih sepi. Tapi ternyata pas sampe sana, suasananya udah kayak di pasar malem coyyy..penuh banget sama wisatawan lokal dan asing. Tapi lebih banyak wisatawan asingnya yang lagi pada jemur pakaian, yaa nggalahh.. pada jemur badan. Mulai dari yang pake bikini sampe yang beneran bugil. Dari yang jemur belakangnya doang sampe jemur depan badannya. Eewww!!
Tapi sayang yang bugil bukan laki - lakinya, kebanyakan perempuan. Huft! *Lahhh si Aming! :))))))

SUKOWATI!!
Setelah puas bermain di alam, kita pengen wisata belanja sist~ Yaa namanya juga perempuan yaa, ngga jauh - jauh dari belenjong, yuukk mariiii~
Kita akhirnya memutuskan untuk ke Sukowati, karena di sana katanya murah - murah, barangnya banyak pilihan. Walaupun harus menempuh jarak yang jauh ke Denpasar, kita bela-belain! Ehh tapi dasar kita berdua dong-dong, ngga sadar itu udah jam berapa, jadi saat sampe di sana tokonya udah banyak yang tutup. Hiikss syedih~ Padahal udah melewati jalan tol yang puanjaangg banget, jarak yang lumayan jauuhh banget, tapi kita kurang beruntung dan akhirnya cuma numpang minum di Circle K. Heefftt!

BACK TO KUTA~~
Setelah dari Sukowati kita langsung memutuskan untuk kembali ke Kuta, tadinya mau ngeliat sunset dulu di Sanur, tapi udah kesorean, sunsetnya udah ilang. Jadi fiiixxx shaayy langsung balik ke Kuta, cuss ke Krisna aja, belanja di sana! Uhuhuu~

Setelah puas ngeborong belanjaan (Baca: belanja ala kadarnya) di Krisna, kita langsung balik ke hotel. Setelah mandi niatnya mau nge-gahul di beach club Seminyak, tapi apalah daya kita kan backpacker gembel, alhasil makan pun cuma angkringan di deket hotel. Bahahahahakk syedih!

angkringan mania!

Last day in "Petualangan Aya Aming di Bali"
Kita sengaja pilih penerbangan malam ke Jakarta, biar bisa puas keliling Kuta siangnya, sekaligus harga tiketnya dapet yang lebih murah, tapi eh tapi.. kita malah jadi bingung mau ngapain aja di Bali, alhasil muter - muter ngga jelas di jalan Legian - Kuta. Mulai dari ngelirik - lirik baju - baju lucu di setiap toko, sampe akhirnya belanja lagi. Ngaso sebentar di Bemo Corner Coffee Shop, yang setiap hari gw lewatin dari Hotel ke Legian Street dan gw perhatiin yang dateng bule semua.

Setelah itu, kita cari makan siang khas Bali. Agak bingung sih nyarinya, karena kebanyakan makanan western. Tapi akhirnya nemu tempat makan khas Bali, yaitu Made's Warung. Untuk menu khas Bali porsinya hampir big size semua. Kalo Wince pilih bebek dan emang porsinya guede banget! Jadi gw pilih menu yang paling kecil porsinya, Tipat Tjantok yang ternyata rasanya kayak ketoprak aja shaayyy~ :"))

bebek dan teman - temannya!
Tipat Tjantok
Setelah perut kenyang, kita langsung ke Pantai Kuta, niatnya mau lihat sunset, tapi masih jam 4 aja gituu, akhirnya nunggu dulu, nyari - nyari pohon buat ngadem. Sekitar jam 5an kita balik lagi ke pinggir pantai, nyari posisi paling asooyy buat lihat sunset.

Setelah puas lihat sunset, kita langsung nyebrang ke Starbucks. Jadi sebenernya ini adalah tujuan utama kita ke Bali, ngopi cantik di Starbucks Kuta. Ahahaha asliii ngga penting sih tujuannya!
Tapi yaa begitulah, duo random Aya Aming ini berhasil mewujudkan mimpi kecilnya. xixixi

Sampai jumpa lagi di ke-random-an kita selanjutnyaaa.. Dadaahh Bhabaaayy :*

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)