Mengunjungi Peternakan Sapi Di Cisarua

Pernah lihat sapi perah alias sapi hitam putih yang ada di iklan susu secara langsung? 

Ini pengalaman pertama akikah cyiinn.. amazing!! bisa melihatnya secara langsung, ada ratusan sapi berwarna hitam putih mulai dari yang masih kecil sampai sudah berumur 1 tahun lebih. Sapi yang berusia 1 tahun lebih, badannya besar, gemuk & terlihat sehat.


Peternakan sapi perah yang diberi nama Erif Farm Cisarua ini, merupakan milik penduduk setempat yang sudah dikelola sejak tahun 1986. Yang awalnya hanya berjumlah 6 ekor, lalu terus bertambah dari tahun ke tahun, hingga sekarang jumlahnya mencapai 200 ekor lebih. Susu yang dihasilkan dari peternakan ini sebagian besar ada yang dipasok untuk Cimory dan pabrik susu di Jakarta.

Di sana tak hanya ada peternakan sapi perah saja, tapi ada mini shop yang dapat kita bawa pulang untuk dijadikan oleh - oleh. Tersedia berbagai macam susu segar, mulai dari yang plain, hingga ada rasa buah. Tak hanya susu, di Erif Farm Cisarua ini juga ada homemade yoghurt yang rasanya luar biasa enak. Dan di sini, yoghurt-nya lebih padat, tidak cair seperti yang dijual di pasaran. Dan saya lebih suka yogurt semacam ini.

anak sapi yang baru lahir

Sapi berusia 2 bulan ke atas
Kadang sapi-nya juga selalu dijaga kebersihannya, makanannya pun diatur, untuk pemerahan susu-nya pun dijadwal setiap pagi dan sore. Sayangnya, ketika saya kesana belum waktunya memerah susu, padahal penasaran banget bisa ngeliat pemerahan susu, sekaligus belajar memerah susu dari sapi langsung. Alat - alat di sana pun sudah canggih, yang saya dengar ada pihak mahasiswa IPB yang turut membantu dalam menjalani peternakan sapi tersebut.

peralatannya sudah modern
Untuk yang sudah punya anak, sesekali coba dibawa ke tempat ini, selain bisa menikmati susu segar, melihat sapi perah secara langsung, di sini juga bisa kita mulai ajarkan anak - anak bagaimana mereka bisa meminum susu sapi, yang selama ini mereka dapatkan langsung tanpa mengetahui proses awalnya.

ini yoghurt kesukaan aku!


Silahkan datang ke Erif Farm Cisarua (Sapi Perah - Cisarua, Puncak)
Jalan Raya Taman Safari No. 200 Rt 3/6, Kp. Darussalam, Desa Cibeureum, Kec. Cisarua, Kab. Bogor. 





Comments

Post a Comment

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)

Jakarta - Malang - Probolinggo - Bromo

Rincian Biaya Trip To Maluku

Pulau Tegal - Pasir Timbul, Lampung

Jakarta - Medan - Aceh - Sabang