Trekking ke Curug Naga

Mau liburan singkat tapi berkesan? Mau refreshing tapi cuma punya waktu sehari? Ke Curug Naga ajaa brooo~~

Curug Naga yang berlokasi di Megamendung, Bogor ini cocok banget buat kita yang mau liburan singkat, nikmatin alam bebas, sekaligus menguji adrenalin kita. Gimana ngga nguji adrenalin, track-nya lumayan sadis, naik turun tebing, loncat dari ketinggian dan byuurr~~ nyebur ke air yang dinginnya kayak es!!

Tarifnya lumayan murah, dengan hanya 135ribu kita bisa trekking ke 3 air terjun yang pemandangan alam luar biasa kerennya dan dipadu dengan guide kece (kalo lagi beruntung :p).

nihh guide kece-nya @curugnaga

Minggu lalu, gw ber-9 orang memutuskan untuk pergi ke Curug Naga. Awalnya kita berangkat dari Jakarta ber-6, 3 orang lainnya janjian langsung di sana. Dari Stasiun Tanah Abang kita menuju ke Stasiun Bogor. Awalnya kita diarahkan untuk sewa angkot dari depan Stasiun Bogor langsung ke Curug Naga. Tapi ternyata abang - abang angkot disana udah pada tau harga. Yang beberapa bulan sebelumnya sewa angkot ke Curug Naga, cuma 300rb aja, ini tau - tau minta 500rb. Ajeegileee~~

Akhirnya dari Stasiun Bogor kita naik angkot dulu ke arah Sukasari, dari Sukasari kita nyari angkot yang ke arah Ciawi. Alhamdulillah dapet angkot yang mau kita sewa ke Curug Naga. Setelah nego alot, kita dapet angkot yang mau disewa 300rb - PP. Walaupun pada akhirnya kita tambahin jadi 350rb karena lihat jalanannya yang lumayan aduhai~

Sekitar jam 12 siang kita sampe di camp Curug Naga. Ohh yaa FYI, diusahakan sebelum jam 12 harus sudah sampai camp yaa buat daftar, karena kalau kesorean udah ngga dibuka trekkingnya. Lumayan lama juga tuh menyusuri 3 air terjun, belum lagi foto - foto dulu yee kan pastinyaa..jadi mendingan dari pagi.
Setelah sampai di camp, kita menunggu sekitar setengah jam, sebelumnya dikenalin dulu sama guide-nya. Namanya kalo ngga salah nihh yaa, seinget gw namanya Ari. Sebut saja Aa Ganteng~ karena emang ganteng bener orangnya, kayak ada manis - manisnya gituu~ hahahaha (nahh ini kita termasuk yang beruntung karena dapet guide kecee~ ihiiwww!)

Sebelum trekking, kita persiapan terlebih dahulu, pake life vest lalu diberikan pengarahan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan disana kemudian berdoa. Saran aja nih, lebih baik pakai sendal gunung, pakai baju yang nyaman karena kita akan naik turun tebing, loncat sana loncat sini dan berenang - renang ke tepian. Siap - siap bawa dry bag, kalo yang khawatir barang - barang berharga ditinggal di camp. Jadi barang - barang berharganya bisa dimasukin ke dry bag dan dibawa deh, jadi aman kan..

Baru perjalanan awal mau ke arah curug aja, kita sudah menghadapi jalanan yang curam, mesti turun pake tali.. tapi seru abiisstt! Pertama kalinya ketemu air langsung girang, untuk trek selanjutnya kita turun ke bawah naik perosotan dari batu.. wuhuuu~~ adventure dimulai!!

Air terjun yang kita datangi pertama kali namanya Curug Priuk.
Untuk menuju kesana kita mesti berenang dan lompat dari tebing, itu satu - satunya jalan, lo ngga akan bisa balik lagi kalo udah sekali jalan. Jadi persiapkan diri kalian yaa yang mau kesini, badan harus fit! Harus berani menerima tantang loncat dari ketinggian dan menghadapi dinginnya air. Kalo lo fobia ketinggian, disarankan jangan deh yaa~ daripada sampe sana kenapa - kenapa.

Foto - foto is a must! Jadi disarankan bawa kamera underwater sendiri biar ngga melewatkan momen - momen seru leloncatan dari air terjun. Air terjun yang ke 2 kita datangi ini adalah curug naga. Dengan ketinggian 28 meter, bisa sihh langsung loncat ke bawah, tapi kubangannya lumayan kecil, jadi ngeri banget ngeliatnya dan jarang yang loncat dari sini. Untuk menuju ke curug naga tanpa harus loncat kita bisa ambil jalan memutar arah. Di situ juga ada beberapa spot seru buat leloncatan yang ngga terlalu tinggi. Di curug naga ini seru banget, kubangannya kayak jacuzzi pribadi tapi dinginnya mana tahaann~~

Lanjut ke air terjun ke 3, namanya curug Curug Barong. Disini badan kita sudah semakin gemeteran dan mulai kelelahan karena kebanyakan loncat - loncatan sekaligus kedinginan. Di air terjun ini entah yang paling dingin atau karena kita udah kedinginan jadi kita memilih ngga berlama - lama. Selesai foto - foto langsung cuss~

Cuss buat nyari ind*mie!! Dasar orang Indonesia, kalo udara dinginnya nyarinya mie instant sama kopi. Alhamdulillah sampe camp kita sudah disuguhi teh panas dan pisang goreng, nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kau dustai~

Sekitar 2 - 3 jam trekking kita di 3 curug ini memberikan banyak cerita dan keseruan. Cara baru menikmati wahana air terjun ini memberikan kepuasan batin tersendiri. Walau pada akhirnya badan rentek, pegel - pegel, tapi kalo diajak ke sini lagi, aku sih "Yes!!" :))))

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)