Trip to Maluku (Ora Beach) - Part 4

Hari ke - 3 di Ora Beach dan hari ke - 4 di tanah Maluku, yang artinya sebentar lagi perjalanan kita usai. Hiks hiks…

Sudah - sudah jangan bersedih, kita lanjutkan saja ceritanya yaahh~

Pagi yang cerah setelah kemarin sore hingga malam hujan rintik - rintik membasahi Ora Beach. Walaupun laut tetap tenang tanpa ada gelombang pasang. Pagi itu kita dikejutkan oleh kemunculan kreken (gurita) di bawah jembatan resort. Akhirnya kreken yang semalaman kita cari akhirnya muncul juga, walaupun ukurannya lebih kecil dari yang kita lihat sebelumnya. Aldi yang melihatnya pertama kali, dari kamar gw langsung buru - buru keluar, pake selimut + pake topi dan langsung ngambil kamera.

Setelah melihat dengan mata kepala sendiri si kreken itu, gw panggil - panggil Muzanny, "Muzanny ada kreken!" Lalu yang muncul dari pintu kamar malah Mario, tapi dengan gegernya gw bilang, "Mario ada kreken nih, panggilin si Muzanny! Buruan!!" Mario yang baru bangun pun mukanya langsung bingung.

Dengan cepat langsung gw rekam, biar gw punya bukti otentik. Si Muzanny yang paling penasaran sama penampakan kreken, sampe malam sebelumnya dia sama Mario muterin resort bawa - bawa senter, menyusuri permukaan laut untuk mencari kreken. Gw yang tadinya udah mau tidur kebangun gara - gara denger suara gaduh mereka dari luar. Alhasil gw n Wince yang belum bisa tidur pun ikutan keluar, ikutan menyusuri pinggir pantai mencari si kreken. Sampe ujung dermaga Ora Beach Resort, penampakan kreken ngga ada. Lagi - lagi gw dibilang hoax! Ppfftt~~ akhirnya malam itu kita malah menemukan lion fish dan ikan buntel.

Malam itu kita menyerah buat cari si kreken. Tapi tanpa dinyana, kreken muncul pagi - paginya. Yeeesss!! Gw ngga hoax! Akhirnya Muzanny pun keluar kamar, dengan muka bantalnya dia bingung kenapa kita pagi - pagi udah rame aja. Akhirnya dia melihat kreken dengan mata kepalanya sendiri, terus udah ngeliat sebentar langsung balik lagi ke kamar. Drooppp shaayy!!! Gw pikir dia mau foto selfie sama si kreken kalo udah ketemu
 -____-

Selesai sudah ekspedisi pencarian kreken hari itu. Kita lanjutkan aktivitas pagi itu dengan siap - siap buat sarapan dan lanjut snorkeling entah di mana. Karena perjalanan melihat sunrise di tebing batal dan ke Pulau Raja pun batal karena airnya ngga pasang. Karena untuk ke sana kondisi airnya harus pasang. Akhirnya kita ke spot snorkeling lain dengan Bung Iqbal, dikarenakan Bung Irwan ada pekerjaan lain. Untuk ke spot yang kali ini, merupakan tambahan paket, di luar harga yang kita bayarkan untuk all in resort. Jadi kita harus membayar lagi untuk sewa boat-nya. Harganya cincai-lah, bisa di nego langsung sama Bung Iqbalnya yang bawa kapal. Tapi Bung Iqbalnya ngga mau menyebutkan harga, jadi dikira - kira sendiri aja deh harga yang pas buat sewa kapal dan jasanya Bung Iqbal yang udah mau nemenin kita keliling pulau.

Kita diajak ke Rumah Payung, yang bentuknya sama seperti yang ada di dekat Tebing Hatu Pia. Tapi posisinya ini lebih ke tengah laut. Keewwreeenn pokoknya! Di sini spot buat foto - foto banget, Andien aja foto di sini juga. Hahahahaa.. setelah foto berbagai gaya, kita lanjutkan snorkeling sebentar di sekitar rumah payung.

ini Andien
ini Pasukan Tirek
Selanjutnya Bung Iqbal membawa kita ke tempat snorkeling lainnya, masih di sekitar Tebing Hatu Pia. Kita pilih spot snorkeling yang tidak terlalu dalam, karena kebanyakan dari kita ngga jago berenang. Setelah memilih spot snorkeling yang di rasa aman dan kelihatan banyak terumbu karangnya, akhirnya kita nyebur deh. Puas - puasin main air, snorkeling liat terumbu karang yang cantik, pose dalam air, sebelum besok kita siap - siap kembali ke Jakarta. Ihiikss ihiikkss~

Ngga jauh dari tempat snorkeling ini ternyata ada palung yang dalam, huwwooww~ bikin panik aja nih, jadi selama snorkeling kita mesti jaga jarak pandang biar jangan terlalu jauh melewati kapal boat, karena ngga jauh dari kapal kita udah ada palung yang dalem banget. Katanya di sini banyak banget palung, jadi cocok buat yang mau diving. Yang penting tetap hati - hati dan mengikuti kata si pemandu.

Sekitar jam 12 siang kita kembali ke resort untuk makan siang, makan siangnya pun enak banget, ikan sama apa gitu~ gw sampe nambah kayaknya. Entah laper entah doyan deh hahaha Setelah makan siang rencananya Bung Iqbal mau bawa kita ke spot snorkeling yang lain, tapi dia harus pulang ke rumahnya dulu di seberang Ora Beach. Sambil nunggu, kita gegoleran di gazebo restaurant, sampe akhirnya bener ketiduran di pinggir gazebo.
Kepala gw udah mulai sedikit pusing, ngga tau karena kebanyakan main di air atau gejala mau flu. Tapi yaa dinikmatin aja sih, jangan dirasain sakitnya kalo lagi liburan gitu.

Sekitar jam 2 atau jam 3 siang, yang pada tidur udah bangun dan Bung Iqbal pun belum balik dari desanya. Akhirnya Bung Irwan muncul, dia ngajak explore Ora Beach dengan berjalan  menyusuri sepanjang pantai. Siang itu terik banget, tapi hasrat pengen tau lebih besar dibanding cuma duduk berdiam diri menghindari matahari. Berjalan di atas pasir lebih melelahkan dibanding di atas jalan biasa, karena kudu ekstra ngangkat kaki yang terbenam ke pasir. Setiap kali kita nemu spot bagus kita selalu foto dan beruntungnya Bung Irwan seneng banget buat fotoin orang. Jadi kalo kata dia, "kamera kalo saya pegang bisa cepet habis batere sama memory-nya" dan bener aja begitu kejadiannya dan beruntungnya lagi hasil jepretannya bagus - bagus hihihi

Saat kita asik foto - foto di atas pohon, Bung Irwan sempet nyamperin warga sekitar yang baru selesai memancing dan dapet kerang segede apaan tau deh bentuknya, kayak kerang rumahnya Jinny Oh Jinny (sinetron yang nge-heitz di akhir tahun 90an). Bung Irwan meminta sepotong kecil kerang yang sedang mereka makan dan dikasih ke kita. Kerangnya di makan mentah - mentah dan rasanya ~eewww~ buat gw aneh banget makannya hahaha Jadi sepengetahuan gw yang ala kadarnya, masyarakat di desa ini sering memakan hasil laut mentah - mentah. Terbukti dengan sejarah nama Ora Beach yang diambil dari sejenis bulu babi bernama Ora - Ora yang dulu banyak di pantai ini dan sering mereka makan mentah - mentah kalau sedang musimnya.

Lanjut lagi berjalan di atas pasir putih, kita belum menemukan ujung pantai ini tapi jaraknya udah jauh banget dari resort. Sampai kita menemukan pasir yang haluuuusss~~ banget kayak tepung! Berbeda dengan pasir yang sebelumnya, walaupun halus juga tapi masih ada butiran pasir yang kasar. Setelah merasa terlalu jauh berjalan akhirnya kita balik lagi ke resort, tapi sebelum balik Fety - Mario - Muzanny nemuin spot buat foto yang keren banget, spotnya berupa akar pohon yang menjuntai dan ada yang berbentuk ayunan. Dinamain aja apa nih jadi AKAR KREKEN~~ ahahaha

Setelah puas bermain di sekitar pantai kita kembali ke resort, rencananya kita mau lanjut snorkeling di sekitar dermaga. Tapi ada satu hal yang mesti gw lakuin yaitu loncat indah syekali dari dermaga, karena di hari pertama gw belom puas dengan hasil pengambilan gambarnnya. Wuekekekk
Mario dan Muzanny juga ikutan loncat, gw sama Fety loncat barengan. Akhirnya dapet video yang lumayan daahh~ 11:12 sama videonya Andien dan pacarnya (sebelum nikah).
Kelar loncat - loncatan, gw - Fety - Wince lanjut snorkeling dari dermaga ke pinggir pantai, ditemani oleh Bung Irwan. Ternyata di Ora Beach ada sumber mata air tawarnya juga dan langsung mengalir ke pantai, walaupun alirannya tidak sebanyak di Mata Air Belanda. Jadi kalau kita snorkeling di dekat pantainya, airnya kadang terasa dingin kadang terasa hangat. Walaupun kelihatannya sangat jernih tapi saat kita menyelam dan melihatnya melalui gogle (kacamata untuk snorkeling) terlihat percampuran air tawar dan air asinnya seperti air tercampur minyak, tidak 100% bening.

Akhirnya kita ber3 plus Bung Irwan sampai dengan selamat sampai di pinggir pantai. Walaupun jaraknya pendek entah kenapa gw cukup was - was saat melewati karang - karang yang ada di pinggir pantai, mungkin karena takut ada Kaking. Tapi ternyata ehh ternyata Nita pernah lihat ular laut ada di sekitar situ. *gleekk* Untung ngga ketemu ular laut huhuhu~ walaupun bagaimanapun meskipun takut sama ular laut, kita 3 cewek setrooongg telah berhasil menjelajah Ora! *let's check the video guys ;p
Selesai snorkeling ternyata gw makin pusing dan flu menyerang, ngga kuat akhirnya minum obat dan selama di sini gw lupa minum vitamin. Jadi ngga tau ini ketularan Muzanny yang dari awal udah flu atau karena kebanyakan main air di laut dan air ujan. Karena hampir semua akhirnya terkena flu dan batuk *ga syetrroongg bangeett syiihh* :)))))

Malamnya kita habiskan di pinggir gazebo sambil makan malam dan ngitung uang. Ngitung sisa pembayaran yang harus dilunaskan. Kalau mau menginap di sini, minimal kita harus DP 30% dari total~ alhasil malam itu kita ngitung uang 70% dari total jadi sekitar 14jt ditangan untuk pelunasan 7 orang~~ hahahaha mewaaahh! mewaaahh!

Selesai ngurusin administrasi kita lanjut ngobrol di kamar M2M. Ngobrol ngalor ngidul sampe akhirnya mata kreyep - kreyep ngantuk. Semua balik ke kamar, karena esok harinya  jam 9 pagi kita harus udah check out untuk mengejar kapal yang berangkat sekitar jam 3 sore dan sebelumnya para pria harus sholat Jumat terlebih dahulu.

Rasanya syediihh harus ninggalin semua keindahan, ke-amazing-an Ora Beach - Pulau Seram dan semuanya yang ada di sini. Semua staff Ora Beach yang baik hati, pelayanan yang istimewa, makanan yang luar biasa enak, warga sekitar yang ramah, pemandangan yang super spektakuler, suasana yang tenang, damai dan romantis, anugerah Tuhan yang maha baik dan sungguh luar biasa. ORA BEACH is Heaven on Earth.

Terima kasih Tuhan, terima kasih Ora Beach Eco Resort, warga Saleman, Pulau Seram, Kota Ambon, Maluku~ terima kasih juga untuk Pak Alvin, Bung Iqbal, Bung Irwan, ka Ima, Abang Ambon-nya Wince, Bung El, Bung Caken, Bung Beni dan semuanya yang ngga bisa disebutin satu per satu.. You all made our day so wonderful!!  I love Mollucas :*

bersama staf Ora Beach Resort

Let's check the video guys! ;)

Bonus niihh~ ada penyanyi internasional yang nyanyi I Believe I Can Fly - nya R. Kelly, sebelum pulang xixixixi

1. keren banget mba kayannya seru deh :)

1. hehehe iyaaa..cobain kesana, seru bgt tempatnya

2. keren foto-foto di rumah payung. jadi kepengen foto disana juga :D

3. di maluku banyak sekali pantai2 yang indah2 ya ...
    enak banget buat diving dan snorkeling

1. iyaaa bener banget mas, sampe bingung mau explore daerah yg mana duluan hehehe