Jalan - Jalan Andaka di Kota Medan

batu gantung
Kali ini Andaka mau jalan - jalan ke kota Medan. Waahh ada apa saja yaa di Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini. Medan sangat terkenal dengan suku Bataknya dan juga Danau Tobanya. Walaupun sebenarnya tidak semua orang Medan bersuku Batak, karena banyak juga suku Melayu di kota ini.

Jika kita jalan - jalan ke Medan, pastikan kamu untuk pergi ke Danau Toba. Karena Danau Toba merupakan salah satu keajaiban dunia yang ada di Indonesia. Udara di Danau Toba sangat sejuk karena wilayahnya berada di dataran tinggi.

Yang menjadikan Danau Toba unik adalah adanya pulau besar di tengah danau tersebut, yaitu Pulau Samosir. Jika kita berkunjung ke Danau Toba, kita bisa menyeberangi danau menuju ke Pulau Samosir tersebut dengan menggunakan perahu boat bisa untuk 5 - 6 orang dengan biaya yang lebih mahal dibanding jika kita menggunakan kapal ferry bersama penumpang lain.

Danau Toba

Kentongan Raksasa
Jika menggunakan perahu boat kita bisa minta diantarkan ke beberapa spot wisata di Danau Toba. Seperti objek wisata Batu Gantung, Rumah Bung Karno serta ke Desa Tomok. Di objek wisata Batu Gantung kita bisa melihat tebing batu yang menjulang dari permukaan danau. Konon ceritanya, Batu Gantung adalah seorang putri kerajaan yang coba melarikan diri karena tidak ingin dijodohkan oleh orang tuanya dan mencoba bunuh diri dengan cara melompat dari tebing. Tapi sayangnya, karena rambutnya yang panjang malah membuat ia tersangkut di tebing tersebut. Dan orang tuanya menjadikan ia menyatu dengan batu di tebing tersebut.

Sigale - Gale
Di pulau Samosir ada 2 desa disana, yaitu Desa Tomok dan Desa Tuk Tuk. Desa Tuk Tuk merupakan desa kecil berupa tanjung yang menghadap ke Danau Toba. Sedangkan desa Tomok adalah desa wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Disana ada beberapa peninggalan sejarah seperti makam dan patung - patung. 

Andaka berkesempatan mengunjungi desa Tomok agar bisa wisata sejarah. Yang pertama dikunjungi adalah Objek Wisata Budaya Sigale - Gale, ditempat ini terdapat patung yang sangat terkenal dan bisa menari, yaitu patung Sigale - Gale. Patung ini merupakan wujud penghormatan bagi seorang anak raja yang sangat baik semasa hidupnya. 

Tak hanya patung Sigale - Gale, disini kita juga bisa melihat rumah adat suku Batak, mulai dari rumah bagi para bangsawan hingga rumah bagi rakyat biasa. Ada juga kentongan raksasa, yang dahulu sering digunakan untuk menandakan suatu kejadian tertentu di desa.

Makam Leluhur
Museum
Selanjutnya kita bisa melanjutkan perjalanan ke Batak Museum Tomok, tempat ini merupakan museum yang berisi semua peralatan rumah tangga hingga kain khas suku Batak, yaitu Ulos.
Objek wisata selanjutnya adalah makam para leluhur, walapun agak sedikit mistis tapi kita bisa banyak belajar tentang sejarah dari sini. Tak ketinggalan kita bisa belanja di desa Tomok ini, karena banyak sekali yang menjual cindera mata khas suku Batak.

Tak cukup 1 hari jika kita ingin mengunjungi kota Medan, karena untuk menuju ke Danau Toba yang berada di Parapat saja kita membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam dari kota Medan. Sedangkan masih banyak sekali tempat - tempat indah yang berada di Sumatera Utara, salah satunya Brastagi. Ataupun jika kita ingin berwisata di kota Medannya saja, kita bisa mengunjungi Istana Maimun atau Rumah Tjong A Fie, yang merupakan orang terkaya di Medan pada masanya.

Jadi silahkan pilih sendiri tempat wisata yang ingin kamu kunjungi di kota Medan yaa teman - teman.. :)

Ulos

Nb : Naskah ini akan terbit di majalah anak - anak Andaka bulan April

Comments

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)

Jakarta - Malang - Probolinggo - Bromo

Rincian Biaya Trip To Maluku

Pulau Tegal - Pasir Timbul, Lampung

Jakarta - Medan - Aceh - Sabang