Sabang - Aceh - Medan - Toba

Ada yang penasaran sama cerita sebelumnya?! Yang belum baca, sok baca dulu ceritanya di Keliling Sabang hahahaha

Melanjutkan kisah sebelumnya, ketika tiba - tiba gw terbangun ada suara grasak - grusuk di tengah malam buta ternyata itu adalah Fety si talent multi-talenta yang katanya ngga bisa tidur, parno sendirian gara - gara abis diceritain kisah pemberontakan yang pernah terjadi di Aceh ini. Cukup sadis sih kita dengernya, makanya dia kepikiran banget. Dan lagi, katanya siihh di Sabang itu masih banyak pohon - pohon yang ada penunggunya berbaju putih.. hiiiiyyy~~~~ Wallahu alam dehh..
Pagi harinya kita mulai packing cantik lagi, karena hari ini kita mesti check out dari Iboih Inn dan mesti check out juga dari Sabang. Hiikksss~~~

Setelah sarapan, kita siap - siap lagi terus sekitar jam 11 siang kita cuusss dari Iboih Inn.. aaakkkk~~~ sediiihhh meninggalkan keindahan di sini :((((

Iboih Inn - sebelum cuss!!

Gapang Beach. Cihuyy banget brooh!
Untuk menuju ke pelabuhan Balohan, kita menggunakan jasa Bang Jamil lagi. Kita mampir ke pantai Gapang. HUUOOOWWW..pasirnya putih bersih, airnya bening, disini juga banyak dive center. Mau main air males bersih - bersihnya lagi, alhasil cuma foto - foto ajaa..
Setelah dari Pantai Gapang Kita diajak makan siang dulu di sebuah kedai mie aceh. Enak cyiinn..tapi ngga tau kenapa, gw malah ngga abis makannya. Di kedai ini gw malah beli kerupuk, khas Sabang yang sebenernya produksi asli Sidoarjo! Karena hampir di tiap tempat adanya kerupuk ini terus dan emang favorit gw banget. Jadilah temen - temen gw iseng nyuruh gw beli, padahal di pasar deket rumah juga ada yang jual o__o

Kedai Mie Aceh - Mie Nyak Lah
Mie-nya enak, kerupuknya lebih enak :')
Tadinya sempet mau diajak survey ke resort yang katanya recomended, tapi kita menolak karena mau mengejar kapal. Ujung-ujungnya agak menyesal juga karena kita mesti nunggu sekitar 30 menit - 1 jam untuk kapalnya jalan. Kali ini kita pilih kapal cepat, beeuuhh gayaaa!! Hahaha Harga tiket kapal cepat itu 3x lipatnya dari harga tiket kapal lambat. Naik kapal cepat itu cuma 45 menit perjalanannya, sedangkan kapal lambat sekitar 2 jam. Untuk menghemat waktu, lumayanlah naik kapal cepat ini.
Sampai di pelabuhan Ulee Lheue, ternyata kita sudah dijemput sama adiknya Bang Jamil. Woohoooo~~~

Lumayanlahh yaa daripada mesti nego sana - sini lagi sama abang-abang bentor dan travel. Jadi keluar pelabuhan kita udah PEDE karena ada yang jemput dan langsung naik mobil. Bwakakakakk
Kita request sama si Bang Ale (adiknya Bang Jamil) untuk dibawa keliling Aceh dulu sebelum ke terminal. Gw sih mau banget ke situs tsunami "Kapal Di Atas Rumah". Akhirnya langsung menuju ke sana..uhuuyyy~~~

Sumpah ngeliat kapal nelayan nyangsang di atas rumah ini, sungguh ajaib! Menakjubkan!! Betapa dahsyatnya kejadian tsunami tahun 2004 lalu di Aceh. Alhamdulillah yang berada di kapal dan pemilik rumah tersebut selamat dari kejadian maha dahsyat itu. Di dekat situs, juga terpampang sebuah tulisan mengenai asal mula kapal nelayan yang terseret dari bibir pantai sejauh kurang lebih 5 KM dan mendarat di atas rumah tersebut.

Situs Tsunami Kapal Di Atas Rumah Lampulo
Orang - orang yang berada di dalam kapal bersyukur bisa selamat dari bencana tersebut, namun yang cukup mengejutkan ketika mereka hendak keluar dari kapal ternyata di bawah sana ada buaya!! Aawww..raawwwrr!! Mengerikan.. bayangin coba, abis selamat dari bencana tiba - tiba ada bencana lagi, seekor buaya yang menunggu kita dengan cantik. Kayak di film thriller yang begitu selesai cerita, ehh ternyata masih nge-gantung ceritanya kayak ada lanjutannya gituu.. ppffttt...
nikmatnya..minumaann~~~
Btw, setelah dari situs tsunami "Kapal Di Atas Rumah" kita menuju tempat minum kopi yang paling terkenal di Aceh, yaitu Kopi Solong. Katanya siihh..kopi ini ada sedikit racikan "daun yang bisa bikin nyengir terus". Hihihi Setelah gw coba segelas, awalnya ngga berasa apa - apa, biasa ajaaa.. lama - lama, pusing juga cuuyy!  efeknya, mata gw masih ON terus waktu perjalanan naik bus menuju ke Medan. Biasanya nihh baru nyender ke bangku, gw langsung molor. Alhasil, daripada gw melek sendirian, yang lain pada tidur, terus cuma bisa merhatiin jalanan yang berliuk-liuk, goyang kanan - goyang kiri, akhirnya gw minum antimo! Ngga berapa lama langsung pules..hahahaha

Sebelum ke terminal, kita mampir dulu nyobain kuliner khas Aceh, yaitu AYAM TANGKAP! Aaaahhh gilaaakk..ini enak banget ayamnya. Katanya juga siih,, ini ada sedikit campuran daun ganjanya. Mungkin di bumbu yang bikin ayam ini jadi enak banget. Ayam tangkap ini dipotong kecil - kecil, digoreng kering, gurih banget dan ditutup dengan daun - daun kering (ngga tau itu daun apaaa). Jadi si ayam yang ada di piring itu ngga keliatan karena ketutupan daun, nahh mungkin ini yang dinamakan ayam tangkap, kita harus nyari ayamnya dulu dibalik daun - daunan baru bisa kita makan. Haahhaahaaa #AnalisisSotoy

AYAM TANGKAP! HAAPP!!!

Setelah dari rumah makan ayam tangkap, kita langsung menuju terminal. Menaiki bis yang sama Sempati Star, kali ini kita naik bus yang harga tiketnya 160ribu. Wuuiihh seneng doongg, karena harganya lebih murah. Yang kita lihat siihh, sama persis sama yang kemarin kita naikin, tapi ternyata ada yang berbeda.. yaaillaahh broohh..beda 20ribu karena ngga ada sandaran kaki-nya ternyata. -____-

Oohh yaa FYI, sebelum berangkat naik bis dari Aceh - Medan, mending pipis a.k.a buang air kecil dulu deh, dibanding harus pipis di bus selama perjalanan. Karena kemarin karena mata masih ON terus, jadi berasa pengen pipis dan itu perjuangan banget karena SUSYAAHH BROOHH PIPIS DI BIS YANG LAGI BERADA DI JALAN YANG MELIUK - LIUK!!! Bener - bener terombang - ambing, kelempar kesana kemari, jalan aja susah, berdiri susah, mau buka celana susah, mau jongkok susah, mau cebok susah.. Huuuaahhh..berasa kayak lagi di acara supertrap, masuk ke sebuah kotak terus tiba - tiba, lo dikocok - kocok di dalem kotak itu. Mhihihihihi

Di depan hotel (Hotel Inna Parapat). Bukan tempat kita nginep :))
Perjalanan 12 jam yang kita lalu dari Aceh - Medan itu menurut gw terasa lebih cepet dibanding berangkatnya, karena gw bener - bener pules sampe akhirnya bis sampe tujuan pool Sempati Star. Hehe. Sampe sekitar jam 1/2 8 pagi, lalu menelepon travel Nice Trans untuk tujuan Parapat (Danau Toba). Per-orangnya dikenakan tarif 75ribu rupiah. Sebelumnya sih gw emang searching dulu, transportasi apa yang paling baik dan minim kendala, Nice Trans lahh salah satunya. Yaa emang Nice siihh.. :3

Sampe di Danau Toba! Horeee~~~
Perjalanan dari Medan ke Parapat sendiri membutuhkan waktu 6 jam. Weeww!! Tambah mateng di jalan dehh.. Tapi yaa dinikmatin aja, selama di perjalanan menuju ke Prapat banyak banget rumah - rumah dan juga gereja - gereja dengan hiasan khas suku Batak. Yaitu warna - warni dengan sulur - sulur kain ulos. Pengen rasanya di tiap rumah - rumah itu gw berenti, terus foto. Tapi ngga mungkin yee kaann..bisa 12 jam lagi nyampe-nya.

Setelah melewati Siantar, kondisi jalan mulai meliuk - liuk, sebelah kiri hutan, sebelah kanan jurang. Di sepanjang jalan banyak monyet - monyet liar yang badannya gede - gede, beda sama monyet di Sabang yang ukuran tubuhnya lebih kecil. Danau Toba-nya semakin lama semakin terlihat.. aaakk exicited banget!! Karena akhirnya bisa kesampean juga ke Danau Toba :")

Mukenye pada giraangg..
Sampe di Parapat kita dibantu supirnya dicarikan tempat menginap, tapi sayang motel pilihan si bapak kurang recommended, akhirnya kita cari sendiri ngga terlalu jauh dari motel pilihan si driver. Namanya Star Hotel.. Semalamnya 200ribu, dengan kondisi kamar yang lumayan besar, kamar mandi di dalam yang juga cukup besar. Ada tv dan banyak stop contact (senjata traveler sejati) Muehehe

Pulau Samosir-nya ketutup kabut, katanya kabut asap yang ada di Jambi
Setelah check in, kita langsung melanjutkan perjalanan ke Pulau Samosir, naik boat. Heemm..di sini siihh yang agak apes, kita ketipu.. naik boat harus bayar 500ribu. Faakkk..mahal ajeehh!
Harga normalnya kalo mau naik kapal umum sihh, ngga nyampe 20ribu. Tapi karena si abang perahu boat bilang kalo jam segitu udah ngga ada lagi kapal yang nyebrang, jadilah kita meng-iya-kan. Ditambah dia juga bilang akan mengantar kita ke 3 tempat sekaligus. Yang pertama objek wisata Batu Gantung, ke Pulau Samosir dan BONUS-nya ke Rumah Bung Karno.
Batu Gantung

Awalnya kita siihh udah giraangg.. naik boat di tengah danau, boat-nya ngebut, sampailah di tempat pertama yang ternyata, kita cuma diperlihatkan aja gitu diatas boat, kalo ini adalah objek wisata Batu Gantung dan si abang menceritakan sejarahnya. Gw pikir kita akan turun dari boat terus bisa nge-liat-liat langsung terus foto - foto. Oke fineee.. mungkin karena ini cuma situs sejarah berupa batu jadi kita ngga bisa turun kali yaahh..

Singkat cerita, Batu Gantung mempunyai kisah, ada seorang putri yang tidak ingin dinikahkan oleh orang tua-nya. Hingga ia kabur dan mencoba bunuh diri dari atas batu tersebut. Namun saat melompat, rambutnya tersangkut di akar beringin, kemudian ia dikutuk menjadi batu oleh orang tuanya.

Tonton sendiri videonya ajaahh dehh... masih berantakan sih emang videonya. MUEHEHEHE

Lanjut ke tempat ke-2, yaitu sampai di Samosir, horeeee~~ kita menuju ke patung yang terkenal bisa menari, yaitu Sigale - Gale. Kita ditemani seorang guide yang sudah cukup berumur. Dia menceritakan dan menjelaskan tentang sejarahnya. Untuk bisa melihat patung ini menari, kita harus membayar sekitar 80ribu. Heemm..karena tau isi kantong mulai menipis, akhirnya kita cukup denger sejarah dan foto - foto aja dehh..

Bersama Sigale - Gale
Patung Sigale - Gale

kentongannya tinggi bingiiitt!
Disitu juga ada rumah adat Batak dan kentongan raksasa, sumpah ini kentongan tinggi bingiiitt~~~
Puas berfoto ria, kita lanjut ke Batak Museum Tomok.

Museum yang berbentuk rumah adat khas Batak ini, bisa kita masuki. Di dalamnya terdapat benda - benda bersejarah, khususnya peralatan rumah tangga khas suku Batak. Mulai dari alat makan, kain ulos, senjata, dll. Agak ngeri siihh ngeliatnya, ngga tau kenapa ngerasa-nya mistis aja..
Selesai dari Museum, kita belanja di sekitar jalan tersebut yang memang berjejer toko - toko cenderamata khas Pulau Samosir dan suku Batak. Rasanya pengen belanja banyak, tapi persediaan uang semakin - makin menipis.

Batak Museum Tomok
belanja buuu...
Selesai belanja cenderamata, ternyata masih ada 1 objek wisata lagi, makam kuno. Ada beberapa makam yang memang bersejarah di pulau tersebut. Yang pasti sesepuh dari Pulau itu, sejarahnya panjaaangg~~~ ditambah dengan logat Bataknya bapak guide yang cepet banget gw jadi agak susah nangkep. Dengerin sendiri yaa di video-nya.. hihihi

Tapi yang paling seru adalah ketika sampai di tempat - tempat tersebut kita diwajibkan mengucapkan kata HORAS!! Yang artinya salam perdamaian. Wuuiihiii bangga aja gitu rasanya, Indonesia meeenn..banyak banget budaya-nya!! Ngebayangin waktu festival Danau Toba 19 - 22 Sept, beberapa hari yang lalu sebelum kita datang ke sini. Pasti banyak bule - bule, orang - orang luar negeri yang dateng dan ikut mengucapkan kata HORAS!!

Sok iyeh banget selfie depan makam. Padahal takut tuuh~~~
Yang paling menarik perhatian gw adalah simbol cicak di tiap bangunan ataupun corak - corak ulos, yang ternyata mempunyai arti "orang Batak itu harus seperti cicak, yang bisa beradaptasi di mana saja" wuiiihh..kerenn yaaa filosofinya!!

Ada ikon cicak di dinding museum
Selesai sudah wisata di Samosir, kita lanjut ke tempat wisata terakhir ke Rumah Bung Karno. Penasaran eyke boookk!!! Ternyata ehh ternyata, lagi - lagi kita cuma bisa liat dari perahu boat ajaahh.. BONUS-nya gini amaatt baanggg -_____-

Rumah Bung Karno
Boat-nya ngebuuttt braatttzzz!!
Cuuhh!! Kita ketipuuu.. mana si abang supir boat-nya ugal - ugalan, berasa naik metro mini di Jakarta. Kalo tuh perahu boat kebalik di tengah danau gimana coba, terus ada buaya raksasa dan ada anaconda yang mau makan kita..hiiiyy amit - amiiitt.. *ketok ketok meja* (korban pilem)

Selesai-lahh sudah wisata di pulau Samosir dan Danau Toba. Selanjutnya kita menghabiskan waktu di motel, dengan bermain get rich lagi.. dan kali ini gw yang menang banyak!! Sisa duit gw ternyata yang paling banyak di antara yang lain. Hahahaha

Menang Get Rich.. woyooo woyyooo~~
Keesokan paginya, kita cari sarapan dekat motel dan menunggu supir Nice Trans datang menjemput. Kali ini kita sewa 1 mobil yang itungannya 450ribu per-mobil, di antar sampe bandara Kuala Namu. Kali ini drivernya masih muda, masih sekitar 20 something lahh usianya. Jadi selera musik-nya agak - agak sama, dibanding driver waktu kita berangkat nyetel lagunya musik Minang. Berasa banget di Medannya..hihihi

Yang paling gw inget waktu perjalanan pulang adalah ketika jalanan dari Parapat menuju Medan yang berliku - liku, penuh pepohonan dan udara segar, mengalunlah lagunya Bruno Mars "Marry You", lagu ini dipersembahkan untuk pasangan Nitha dan Aldy..ihihi So Swiiitttt~~~ iciikiiiwwwiirrrr~~~

Ahaahahha jadii mauuukk!!! Mauukk punya juga partner traveling seumur hidup.. Semoga next trip saya sudah punya yaa travelmate sekaligus soulmate. Ahihihi AMIIIIINNN *teriak yang paling kenceng pake toa mesjid* :))))))

Sampai jumpa di petualangan berikutnyaaa... :D
Mau lihat itinerary dan perkiraan budgetnya? Cuuss klik link ini yaaa Rincian Biaya Backpacker .