Keliling Kota Sabang

Halooo semuanya..pasti udah pada penasaran kan sama cerita kelanjutan cerita perjalanan gw.. ehh maksudnya perjalanan the Talent Traveler! Bahahahahaa *pede bingit sist!*

OKE BAIKLAH..LANGSUNG SAJA KITA MULAI! HYYAAAATT...!!!

Jadi nihh the sist and the bro, di hari ke-3 the Talent Traveler mau berenang - renang ketepian..alias snorkeling sepuasnyaaa~~~
Setelah sarapan pagi, yang ternyata ada kejadian yang membuat mood the talent traveler yang lain *kalo gw sih asli biasa ajaa, karena udah kegirangan mau nyemplung hihihi

Jadi si empunya tempat Iboih Inn ini yang notabene-nya adalah orang negeri seberang tempat si ipin upin berasal, memperlakukan beberapa temen gw secara tidak meng-enak-an. Mereka lebih prefer dengan tamu dari negara asalnya dan juga tamu dari luar. Heemm..makanya banyak tamu-tamu dari Indo yang pernah nginep di sini, ketika balik lagi ke Iboih ngga mau nginep di sini lagi. Begitu sih yang gw denger dari beberapa orang di Iboih..

Yaa ngga tau sih, bener apa ngga..sayang aja padahal dengan tempat bagus yang dia punya, tapi pelayanannya kurang memuaskan. Gw sih sempet diomelin ketika ngga sengaja ngebasahin area kering mereka, karena abis nyemplung di air terus gw milih - milih life vest.. intinya sih gw emang ngga ngeliat ada tulisan "area kering" itu. Tapi yaa gw bodo amat, udah terlanjur basah terus gw kabur hahahaa *membalas kekesalan temen - temen gw ceritanya wkakkak *preettt

Jadi di depan Iboih Inn ini kita bisa langsung nyemplung buat snorkeling. Ngga terlalu dalem, sekitar 3 - 4 meter lahh. Terumbu karang di areal sini sih ngga terlalu bagus, tapi banyak ikan warna - warni yang berseliweran. Aaahh keren banget pokonya..gw sempet ketemu sama lionfish, wihihihi

Lionfish di Iboih

Ini di bawah dermaga Iboih Inn
Setelah puas snorkeling di area itu, kita langsung nyeberang ke pulau Rubiah. Tepat ada di seberang Iboih Inn, kita kesana naik speed boat yang disewa dari Iboih Inn, per orang kena 30ribu, tapi cuma di-drop dan dijemput aja. Pulau Rubiah ini yang pernah gw denger ceritanya, ada seorang perempuan yang diusir oleh suaminya karena dia memelihara anjing. Akhirnya perempuan yang bernama Rubiah tersebut tinggal di pulau ini hingga tiada. Pulau Rubiah dahulu kala dijadikan tempat asrama haji, jadi sebelum orang - orang berangkat haji di karantina di tempat ini terlebih dahulu. Sayangnya kita ngga sempet ke makam Ibu Rubiah dan juga asrama haji-nya.

Rubiah Island (spot 1)

Di Pulau Rubiah kita dateng ke - 3 spot snorkeling. Yang pertama ada di belakang pulau, kita mesti berjalan menyusuri hutan kecil, waktu itu diantar sama beberapa anak kecil. Yang gw inget, ada salah seorang bocah yang tiba - tiba berdesis bikin gw kaget, ternyata dia mempraktekan adegan ala - ala serigala. Fwwaaakkk!! Pasti nih gara - gara sinetron Jelek - Jelek Serigala!! Untung aja ngga ada yang tiba - tiba nangis sambil bilang "Mas bram, ini anak muu maaass.. kamu tega yaa maaasss!!" sambil ngeluarin air mata palsu ala Hello Kitty. Hahahahahakk!! *Laahh kenapa gw yang jadi korban sinetron yaakk.. :]

Anyway, sampailah kita di bibir pantai yang banyak batu karangnya berombak besar. Waahh ini sihh langsung berhadapan sama Samudera Hindia, ngeri juga broohh.. bae - bae kebawa ombak! Akhirnya kita cuma main ditepi, nyoba snorkeling tapi dihantam ombak terus yang alhasil membawa ke bibir pantai yang isinya batu - batu gede. Ikannya lumayan juga disini, tapi untuk area snorkeling kurang leluasa.

Rubiah Island (spot 2) - karangnya ancur! :(

Rubiah Island (spot 2) - karangnya lumayan bagus & banyak ikannya :)

Ngga lama, kita pindah lagi ke pantai yang landai, ngga jauh dari situ. Di sini ombaknya lebih tenang. Orang sekitar situ juga menyarankan buat snorkeling di area ini. Awal - awal kita bingung, ini karangnya rusak semua gini pada mati, ngga ada ikan pula..isinya pasir sama karang mati.. berenang lebih jauh juga masih sama, kalo lebih jauh lagi kita yang takut karena ngga ada pemandunya dan takut udah dalam lautnya.

Rubiah Island (spot 2) - karangnya banyak yang patah juga :s
Tapi akhirnya ada orang sana yang mengarahkan posisi terumbu karang yang sebenarnya..ternyata memang harus berenang agak lebih jauh dari bibir pantai dan ternyata ngga terlalu dalam. Karena terumbu karangnya ada di permukaan laut. Akhirnya kita kegirangan bisa lihat terumbu karang yang bagus dan ikan - ikan yang banyak. Awalnya spot ini kayak hidden paradise gitu, cuma kita doang yang bisa menemukan tempat itu..hihi Tapi ngga lama, ada kapal yang membawa beberapa wisatawan dan ada bule - bule berbikini yang ikutan berenang juga.

Puas berfoto - foto dalam air akhirnya kita menepi, duduk di pantai pasir putih dan ngga lama muncul-lah seorang pria lokal yang M-A-C-H-O *kayak lagunya fety fera gitu dehh.. ternyata dia adalah guide snorkeling dan diving. Panggilah dia si abang guide tampan! Wkakakakak

Si abang guide tampan ini yang ngasih tau kita, kalo ada apa - apa atau kenapa - kenapa di penginapan kita, kita bisa lapor ke bawah (dekat dermaga Iboih - Tampin Layeu) karena sebelum - sebelumnya banyak wisatawan dari Iboih Inn yang mengalami hal serupa dengan kita bahkan lebih parah.

3 putri duyung :))))
Si abang guide tampan ini kasian melihat kita, karena datang ke Sabang tapi tidak menemukan spot snorkeling yang se-layak-nya. Emang bener sihh, spot snorkeling yang kita datengin masih kurang oke. Karena si abang guide tampan itu memperlihatkan foto underwater yang isinya tamu yang sedang dia guide barusan, di spot karang yang emang kece badai~~~
Aaaahh..kenapa si abang guide baru muncul sekarang sihh, ngga awal kita mau mulai snorkeling *ppffttt..

Kita lanjut snorkeling di spot terakhir yaitu di Pulau Rubiah yang berhadapan langsung dengan tempay kita menginap. Di sini banyak banget bulu babiiik-nya!! Aaaakk parno karena waktu snorkeling di Lampung pernah ketusuk bulu babi, sampe tangan gw bengkak...

Rubiah Island (spot 3)
kelar snor-keling di Rubiah Island :))

Spot terakhir ini agak dalam, tapi airnya bening-se-bening-bening-nya, makanya bisa ngeliat banyak bulu babi dari permukaan. Pas lagi asik - asik - nya berenang, tiba - tiba ada si abang guide tampan itu lagi, ternyata dia abis bawa tamu barunya. Dia sampe menawarkan diri untuk jadi guide kita, dan menyerahkan tamu yang baru datang ke rekannya.. yaampyuunn luluh dehh iiihhh~~~ tapi sayang banget bang, kita udah mau selesai dan keburu ada janji sama bang driver buat jelajah kota Sabang lagi.

Janjian sama bang driver jam 3 sore, kita rencananya mau diajak ke kawah volcano dan air terjunn.. woohoooo!! Ngga nyangka di Pulau Weh ada gunung berapi dan air terjun, kirain isinya pantai, laut, pantai, laut ajaa hahaha

di Air Terjun Pria Laot - bareng Bang Jamil

suka banget spot ini, deket air terjun
Pertama kita dateng ke Air Terjun Pria Laot. Aaahh..tau gini tadi mandinya di air terjun aja, lebih seger hahahaha.. banyak anak - anak setempat yang bermain air di air terjun itu. Airnya ngga terlalu dingin, karena mungkin ngga terlalu tinggi kayak air terjun di bogor dan sekitaran gunung salak kali yaa. Masyarakat setempat juga memanfaatkan aliran air terjun tersebut untuk mencuci pakaian, mandi, mencuci motor dan mengairi perkebunan. Asri banget desa-nya di sini..

Setelah dari air terjun kita lanjut lagi ke kawah gunung berapi, namanya Kawah Volcano Jaboi. Gunung berapi ini sudah tidak aktif, tapi masih mengeluarkan bau belerang dan masih ada beberapa titik keluarnya asap serta lava pijar yang mendidih. Panas banget cooyy di sini cooyy... kita bawa pulang bongkahan belerang, yang katanya bang Jamil si driver baik hati, bisa menghilangkan gatal - gatal dan penyakit kulit lainnya, dengan cara dicampurkan dengan minyak kelapa.

ini salah 1 kawah yang masih ada lava mendidih, karena lagi kemarau jadi surut
kenapa posisinya begini yakk? ada yang aneehh~~

ada yang lagi melakukan pengobatan hahaa
Foto - foto is a must!! Hahaha kelar foto - foto kita lanjut menyusuri kota Sabang ditemani sunset yang menggoda untuk foto bareng. Kita sempat berhenti di pinggir jalan, dengan pemandangan laut dan pulau yang indah diiringi senja yang mulai muncul *azeekk bahasa gw puitis amat cooyy hahaha

pelangi di Sabang
Lanjut lagi menuju ke tempat makan Mie Godok khas Aceh, tapi ternyata kita melewati Sabang Fair dengan pemandangan sunset yang lebih menggoda. HUUOOOO!!! Mana sebelumnya ada pelangi, ehh nemu sunset yang indah bangeeeett~~~ warnanya campur aduk, bikin speechless.. akhirnya kita duduk - duduk dulu di Sabang Fair. Memandangi Samudera Hindia yang bertahtakan senja *eciiyeeee...awas galau! Hahaha

Nihh lo liat pasti melotot!!

no edit - no filter

Senja mulai berganti malam, kita lanjutkan perjalanan menuju tempat mie godok. Ini enak bangeett!! Kayak mie ayam tapi lebih tipis lagi mie-nya. Di sini juga jual kopi Sabang, yang katanya terkenal. Ada yang sampe diceramahin 3sks sama si ibu penjual kopi *LIRIK Si WINCE! Hihi
Si Ibu ceramah tentang gimana cara meracik kopi yang benar, ketika kita sudah di rumah nanti. Yang intinya sih itu - itu ajaa, dari A - Z, tapi diulang - ulang terus sama si ibu.

Selesai makan mie, kita lanjut makan satu gurita.. wooyooo - wooyooo endes bingit!! *makan sate sambil goyang gurita*

Sate gurita ini kenyel banget, penyajiannya kayak sate padang.
Lagi - lagi ada kejadian yang epic dan cukup mengharuka, si Wince yang emang penggila kopi akhirnya dibawain secangkir kopi sama bang Jamil *eciiyeeee Winceee~~~ iciikiiwwwiiirrr~~~ priikiitttiiiiwww~~~ ada yang cinlok! #ehh

kopi keramat :))))

Pas gw rasain emang kopinya beda banget dari kopi item biasa, legit - legit gimana gitu, dibanding kopi yang gw pesen. Jangan - jangan ada ramuan khusus dari bang Jamil..buahaahahahaa
Ngga terasa malam sudah semakin larut, akhirnya kita kembali menuju Iboih. Satu hal yang paling gw inget adalah langit malam di Sabang itu SUPERB KEREEENN!! Bintangnya banyak, ngga tanggung - tanggung keluarnya, ngga pake diskon pokoknya! Itu langit isinya bintang semua kalii hahahaa

Sampe areal penginapan ternyata lagi mati lampuuu~~ huuuaaaa gelaaapp bangeeeettt, mana sepiii.. horoorr!! Berasa kayak kota mati *hiks

get rich!! :D

Sampe penginapan, kita kumpul dulu di cottage-nya Nitha, biasalahh main get rich dulu huehehe dan ditutup dengan cerita dari si Bang Jamil yang diceritain ke Wina, tentang pemberontakan yang pernah ada di Aceh. Ternyata gerakan tersebut cukup sadisme..ahh jangan diceritain lagii *takut* Jadi intinya adalah kejadian tsunami pada tahun 2004 lalu inilah yang akhirnya mendamaikan bumi Aceh dan menyapu bersih gerakan tersebut. Mungkin  ini cara Allah menyatukan bumi Indonesia tercinta :") Katanya sih masih ada beberapa orangnya, tapi semoga ngga akan muncul lagi yaahh..amiinn!!

Hari sudah semakin larut, mati lampunya pun ngga kelar - kelar. Tapi akhirnya gw terlelap, karena seharian snorkeling, terus keliling - keliling. Walaupun tadi minum segelas kopi, ngga ngaruh sob! *apa emang gw nya aja yang tukang tidur??!! hahahahahaa

Tiba - tiba di tengah malam gw kebangun, ada suara grasak - grusuk. Listrik ternyata udah nyala. Buru - buru nyiapin gadget yang perlu di charge. Tapi kaget tiba - tiba si Fety tidur dipojokan, tempat tidurnya si Wince, terus pindah ke kasurnya sendiri..

Ohhmaaygaadd.. kenapa yaahh Fety?! si talent multi-talent-a gw ituuu?!
Tunggu kelanjutan ceritanya yaaahh *sok - sok bikin teka teki silang :)))))

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)