Damainya Teluk Kiluan

Teluk Kiluan, merupakan salah 1 teluk yang berada di Lampung. Letaknya sekitar 2-3 jam perjalanan darat dari Bandar Lampung. Masih banyak yang belum tahu daerah ini. Tempatnya cukup terpencil dan jauh dari lingkungan perkotaan. Banyak dengar kabar, bahwa warga asli Lampung sendiri banyak yang belum pernah bahkan tidak tahu tentang tempat ini. Ibarat sebuah permata yang hilang ketika tiba di tempat ini.

Warga setempat cukup ramah menyambut kedatangan wisatawan yang datang. Sama ketika saya sampai di desa Teluk Kiluan, bertemu dengan beberapa warga yang sedang beraktifitas, seperti para pria yang rata-rata bekerja di laut, mengail ikan atau membantu menyebrangi para wisatawan yang datang dengan perahu Jukung. Sedangkan para wanita, rata-rata menjaga rumah dengan kesibukan masing - masing, ada yang menyiangi ikan hasil bawaan para nelayan, menjemur pakaian, ada juga yang memiliki warung kecil di rumah mereka & sibuk dengan dagangannya.

Ketika sampai di desa Teluk Kiluan, saya juga melihat pemandangan menakjubkan dari pinggir pantai. Ada beberapa orang anak kecil yang baru pulang sekolah dengan menggunakan Perahu Jukung. Perahu Jukung itu merupakan perahu khas Indonesia, dimana bentuknya sangat ramping. Hanya cukup untuk sekitar 4-5 orang dengan posisi duduk ke belakang, jadi tidak bisa duduk samping - sampingan.
Entah dimana sekolah anak - anak tersebut, mereka mengarungi perairan yang cukup dalam untuk bisa menimba ilmu.  Sayangnya saya tidak sempat bertegur sapa dengan mereka karena saya harus menyeberangi perairan menuju home stay dimana saya akan berlibur.

Untuk saya sendiri saja yang hanya duduk manis di Perahu Jukung dan ada tukang perahu yang membawa membuat nyali saya sedikit ciut, karena membayangkan dalamnya lautan. Tetapi mereka anak - anak yang masih kecil sudah berani membawa perahu itu sendiri tanpa ditemani orang dewasa.
Saya jadi membayangkan, mungkin bila saya tinggal di pesisir pantai seperti itu saya sudah berlayar entah kemana dengan si Jukung itu. :) 



Comments

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)

Jakarta - Malang - Probolinggo - Bromo

Rincian Biaya Trip To Maluku

Pulau Tegal - Pasir Timbul, Lampung

Jakarta - Medan - Aceh - Sabang