Rayuan Pulau Kiluan



Inilah dia episode jelajah Nusantara episode ke sekian. Kali ini gw trip ke Teluk Kiluan - Lampung. Tempat ini amat sangat gw idam-idamkan untuk gw kunjungin. Dari pertama kali dikasih infonya sama temen gw yang tinggal di Lampung sampe akhirnya gw follow twitternya @KiluanDolphin (paket tour yang nyediain wisata di Teluk Kiluan). Dan semakin banyak gw ngeliat mention dari orang-orang yang berkomentar tentang betapa menakjubkannya wisata bahari di Teluk Kiluan itu, semakin menggebu-lah jiwa ini untuk ke sana. *aaiihh..lebay ngga sih?? Hahaha

Buat gw, trip kali ini melalui proses yang berlika-liku, ngga semulus yang gw bayangin. Karena mulai dari cari partner untuk ke sana sampe dalam perjalanan sesungguhnya memang sangat berlika-liku. Awalnya emang gw cuma punya rencana berdua sama sahabat gw @aitummelody tapi gw coba ajak temen-temen kantor, temen-temen kampus, temen-temen SMA gw biar lebih rame dan mereka pada mau. Tapi sayang, ujung-ujungnya yaa gw & sahabat gw doang yang bisa nge-trip kesana. Ngga hanya itu, proses selanjutnya adalah booking paket tour di Kiluan Dolphin, setelah dapet konfirmasi 2 hari sebelum hari H, ternyata yg booking paket 2D1N cuma gw berdua doang! Alhasil kita ngga bisa diantar jemput dari Bandar Lampung ke Kiluan, karena quotanya terlalu sedikit. Minimal 5 orang, mungkin kita masih bisa di antar jemput ke sana.

Sempet hopeless ngga jadi trip ke Kiluan, karena ngga ada orang-orang yg bisa kita ajak buat gabung di trip kita kali itu.  Tapi untungnya dari pihak Kiluan Dolphin ngasih solusi untuk naik transportasi sendiri, dengan catatan paket tour kita dikurangin budget transportasinya. Selain itu, Kang Tatang si empunya paket wisata @KiluanDolphin ngasih beberapa contact travel yang bisa antar jemput kita dari Bandar Lampung ke Kiluan. Bukan hanya contact travel, tapi Kang Tatang juga ngasih info gimana caranya kalo ngeteng naik angkot terus naik ojek ke sana.

Akhirnya kita memilih naik travel bang Andri, setelah deal masalah penjemputan kita janjian di Yen Yen (salah satu tempat belanja oleh-oleh khas Lampung). Oohh iya, ternyata kita ngga berdua, tapi nambah 1 orang lagi temennya sahabat gw itu. Perjalanan dari Bandar Lampung menuju Teluk Kiluan itu memakan waktu kurang lebih 2 jam. Kita dijemput sekitar pukul setengah 8 pagi di Yen Yen dan sampe di Teluk Kiluan pukul 10 kurang. Memang lumayan jauh tempatnya, naik turun bukit tapi kita ngga bakalan bosen karena disuguhi pemandangan-pemandangan yang indah, hutan, gunung, pantai dan laut. Jalannya lumayan berliku - liku dan agak rusak. Pilihan kita memakai jasa travel Bang Andri sangatlah dibenarkan, karena dengan jarak yang lumayan jauh, cuaca yang cukup terik, barang bawaan yang lumayan banyak, jalan yang rusak dan berdebu agak mikir-mikir juga sih, hehehe bukannya manja, tapi keburu capek dijalan, yang ada malah ngga nikmatin liburan yaa ngga. *speak :p

Begitu sampai di desa Teluk Kiluan kita sempet nunggu untuk dijemput nyebrang ke tempat Kiluan Dolphin. Di tempat kita nunggu dijemput aja udah bikin geregetan mau foto - foto karena pemandangannya yang indah. Sempet ngeliat anak - anak SD yang baru pulang sekolah. Walaupun masih kecil mereka udah jago naik dan mengarungi laut naik perahu Jukung. Kita juga nyebrang naik perahu Jukung untuk menuju Kiluan Dolphin.


 
Perahu Jukung

FYI, buat yang baru pertama kali naik perahu Jukung ngga usah takut perahunya oleng, terbalik atau kenapa - kenapa. Karena menurut info, perahu ini adalah salah satu perahu yang paling aman di dunia. Karena dia memiliki 2 sisi di kanan - kiri sebagai penyeimbang. Bentuk depan dan belakang perahu yang tajam seperti silet ini mampu memecah ombak di laut. Makanya sering kali disebut juga perahu silet. Selama naik perahu Jukung ini gw cukup excited! Karena dasar lautnya bisa keliatan, airnya bening pisan euy!

Begitu sampai di Kiluan Dolphin, perasaan semakin melonjak - lonjak kegirangan. Pemandangannya, Subhanallah keren banget! Terumbu karangnya keliatan banget, airnya jernih, di seberang ada pulau yang pasirnya putih banget. Akhirnya gw bisa dateng ke tempat ini juga! Setelah sekian lama mupeng cuma baca cerita & lihat foto - fotonya di twitter. Kang Tatang dan kawan - kawannya pun menyambut dengan ramah. Di Kiluan Dolphin ada 1 pondok kayu yang lumayan besar dan di sisi kirinya ada tenda - tenda. Jadi di paket tour Kiluan Dolphin ada paket pondok & paket hemat pake tenda. Gw sendiri milih paket hemat pake tenda, disisi lain karena harganya yang lebih murah, ditambah pengalaman baru merasakan tidur di tenda di pinggir pantai. :D


Pemandangan di depan Kiluan Dolphin dari sisi kiri




Pemandangan di depan Kiluan Dolphin dari sisi kanan


























Begitu sampe gw langsung leye - leye terus foto  - foto karena banyak spot bagus di sana. Mulai dari dermaga cinta, rumah pohon sampe depan pondok Anak Abah Kiluan Dolphin juga bagus. Begitu sampe kita langsung dikasih 'welcome drink' kelapa muda. Disuguhin makan siang yang luar biasanya enaknya, mungkin karena pengaruh perut laper juga kali yaa, hehe Tapi sungguh menu ikan asin dicabe-in itu rasanya pedes tapi bikin nagih. Sempet tidur - tiduran dulu di bale - bale sambil nunggu sore, karena gw mau snorkeling!! FYI, this is the first time i'm snorkeling. Hehe Awalnya diajarin Kang Tatang gimana caranya snorkeling, cara bernafas pake alat snorkel sampe cara snorkeling yang benar. Kang Tatang dan temen - temennya ini adalah para free divers, yang suka menyelam bisa sampe kedalaman lebih dari 10 meter tanpa tabung oksigen. Dan gw mesti bilang WOW, keren banget!!


'welcome drink' kelapa muda



di dermaga cinta
di bawah rumah pohon














di antara terumbu karang



Beberapa menit pertama, gw bingung caranya bernafas dengan alat itu, air masuk ke mulut, ke idung. Tapi gw ngga mau nyerah gitu aja, dan akhirnya gw bisa cara bernafas pake alat snorkel di dalam air. Sungguh - sungguh amat menikmati pemandangan dasar lautnya. Ikannya warna  - warni, terumbu karangnya juga, dan yang paling amazing gw bisa ngeliat Nemo di sana! Aaaakkk... pengen lagi. Sebelum gw ke sini, gw emang udah berencana untuk punya alat snorkel sendiri, tapi setelah ngerasain gimana snorkeling semakin kuatlah keinginan gw untuk bener - bener punya alat snorkel.


snorkeling di bawah senja :)
Selesai snorkeling, kita makan malam sambil bakar ikan. Kita juga saling berkenalan satu sama lain, usut punya usut ternyata salah satu peserta grup sebelah adalah sodara satu grup di perusahaan gw kerja. Jauh - jauh ke Lampung ketemunya orang 1 grup juga dan juga jauh - jauh ke Lampung ketemunya urang Bandung deui, hahaha Sampe ada pepatah yang gw inget dari mereka 'cikaracak ninggang batu, lila lila jadi legok' begitulah kalo ngga salah :D

Hari ke - 2 di Kiluan Dolphin, bangun pagi - pagi buta karena rencananya hari ini adalah berburu liat lumba - lumba di laut lepas. Awalnya gw pikir agak ngga akan mungkin bisa ngeliat lumba - lumba liar di lautan lepas.  Masa iya lumba - lumbanya keluar gitu?? Kalaupun ngga bisa ngeliat lumba - lumba saat itu, pikiran gw bilang 'belum rejeki' kali yaa. Tapi di sisi lain, gw berpikir ngga ada yang ngga mungkin di dunia ini. Dan udah banyak bukti juga yang bisa liat lumba - lumba di Kiluan. So... kita buktikan sendiri!

Sekitar 10 menit pertama setelah di tengah - tengah Teluk Kiluan, belum ada satu pun lumba - lumba yang muncul. Sempet hopeless. Tapi mata kita terus mencari kehadiran si lumba - lumba. Beberapa menit selanjutnya si bapak yang bawa perahu jukung menunjuk ke arah lautan lepas, "itu lumba - lumbanya". Semua spontan menengok ke arah yang ditunjuk si bapak. Gw sendiri mulai kegirangan bisa ngeliat lumba - lumba yang bermunculan. Kamera siap membidik ke sana kemari. Siap siaga kalau - kalau si lumba - lumba muncul lagi. Selanjutnya semakin banyak kawanan lumba - lumba yang bermunculan. Mereka berlompat - lompatan dari dalam air. Sayangnya hasil jepretan kamera belum ada yang berhasil maksimal untuk dapat foto si lumba - lumba, dan amat disayangkan lagi gw ngga bawa handphone atau alat rekam video lainnya. Seharusnya, kata si bapak bawa handphone biar bisa direkam. Ihiiikkss... saya melewatkan mengabadikan moment indah itu. :((


ini dia si lumba - lumba!!








cuma keliatan siripnya aja :D

Sekitar 1 jam di tengah lautan melihat kawanan lumba - lumba yang beratraksi bebas, kita balik ke pondok Kiluan. Lanjut snorkeling. Nahh, dihari kedua ini gw ngeliat keberadaan Nemo di bawah dermaga. Ada 2 ikan Nemo, yang 1 agak besar dan 1 lagi kecil. Tangan gw sempet ngedeketin, pengen nyoba megang, tapi yang ada malah di 'cium' tangan gw. hehehe Mungkin dia mencoba untuk melindungi diri dan rumahnya. Katanya juga sih, Nemo itu udah lama banget ada disitu & sudah lumayan tua. Sayangnya lagi nih, gw ngga punya kamera underwater, jadi ngga bisa diabadikan pemandangan bawah lautnya. Cuma bisa diabadikan di dalam memory otak gw aja :")

Setelah snorkeling sebentar, lanjut trip Laguna. Kita ke seberang pulau yang berpasir putih terus lanjut menaiki bukit berbatu untuk liat Laguna. Jalannya setapak dihiasi pepohonan dan berhubung kita ngga pake sendal, siap - siap merasakan kaki panas nginjek bebatuan, karang - karang yang udah mati, ranting - ranting pohon yang berjatuhan dan juga daun - daun kering. Begitu sampe di atas bukit kita bisa lihat pemandangan yang luar biasa indahnya, hamparan laut yang biru, debur ombak yang menabrak karang dan pulau - pulau kecil.
















Setelah dari Laguna, kita main - main di hamparan pasir putih, snorkeling di sana. Bersih! Bersih banget pantainya, banyak sekawanan ikan - ikan kecil yang hilir mudik, padahal itu di pantai yang ngga dalem. Yeaahh... i'm speechless!




Setelah puas bermain air, sempet bercengkrama dengan yang lain, mereka banyak bercerita tentang laut, tentang pengalaman diving sampe ngga terasa waktu cepat berlalu. Mau ngga mau, siap ngga siap yaa kita harus pulang ke rumah. Kembali ke kehidupan nyata! *aaiihh jadi ini dikira ngga nyata gitu??!! -____-
Sampai bertemu lagi di balik indahnya senja. Sampai bertemu lagi di hamparan laut biru. Sampai bertemu lagi teman - teman baru :')




Terima kasih buat Kang Tatang dan teman - temannya :)
Sok atuh kalo yang mau ngerasain liat lumba - lumba di laut lepas, main di pasir putih, ketemu Nemo, bisa contact ke Kang Tatang
Email : kiluandolphin@yahoo.co.id
CP Tatang 0821 853 93027




Comments

  1. gan...
    numpang tanya...

    total biaya dari jakarta sampe balik jakarta lagi brapa kalo pake jasa kang tatang n travelnya kang andri(non oleh2)?

    bagi nocannya kang andri boleh?

    ReplyDelete
  2. naik bis dari pom bensin karang tengah ke pelabuhan 17rb, naik kapal 11.500, naik travel dari pelabuhan ke bandar lampung 35rb, travel bang andri 700rb (antar jemput), paket tour kiluan dolphin 295rb (sdh termasuk makan dan sewa alat snorkeling sehari).

    lebih enak langsung ikut paket dari Kang Tatang, jatohnya lebih murah. Kalaupun terpaksa mau ngeteng lebih enak rame-rame biar bisa sharing mobil travelnya lebih murah.

    ReplyDelete
  3. ini nomor contact Bang Andri 085269091213

    ReplyDelete

Post a Comment

favorite reader!

Rincian Biaya Backpacker (Jakarta - Medan - Aceh - Sabang)

Jakarta - Malang - Probolinggo - Bromo

Rincian Biaya Trip To Maluku

Pulau Tegal - Pasir Timbul, Lampung

Jakarta - Medan - Aceh - Sabang