Aming On Vacation - Trip to Lampung

It's not the first time I visit to Lampung. It's the second time. Tapi bahagiannya berasa kaya baru pertama kali ke sini. Mungkin karena perjalanan pertama itu terlalu singkat dan sangat-sangat tidak direncanakan.
Pasalnya ketika itu ditahun 2007 (kalo ngga salah), ketika gw baru banget sampe rumah abis touring ke puncak bareng2 temen SMA gw, gw ditodong buat ke Lampung karena ada resepsi nikahan kaka sepupu gw yg asli Solo nikah dgn orang asli Lampung. And you know what, orang asli Lampung ini ternyata kaka sepupu temen gw yg jd tour guide gw selama di Lampung kali ini. Dunia ini ternyata kecil brooohh..!! Oke segitu aja intermezzo-nya. Sekarang gw mau cerita tentang trip gw ke Lampung.

Trip yg emang singkat & padat juga kali ini, cukup dipaksakan karena keterbatasan waktu yg kita miliki. Rencana berangkat itu Sabtu subuh, tapi apalah daya setelah tugas Opening Ceremony EURO 2012, gw baru bangun jam 6 teng! Dan baru jalan sekitar jam 7an. Gw mesti nunggu bis ke arah Merak yg lumayan lama munculnya. Akhirnya sekitar jam 8 / 9an, gw baru naik bis Arimbi tsb. Dengan biaya 20rb saja, sampailah gw di Pelabuhan Merak sekitar jam 11an.

Setelah beli tiket kapal roro seharga 11.500 rupiah, gw mesti nunggu kapalnya dateng dulu. Karena kapal pertama udah keburu ditutup, jadi ngga bisa ngejar. Cukup mengenaskan! Karena kita sampe 5 menit setelah pintu kapal itu ditutup. Baiklah, akhirnya kita nunggu kapal lain yg dateng. Kita naik kapal 'Duta Banten', sekitar jam 12 / 1an akhirnya kapal feri kita berlayar. Yihuuu..!! Selama kurang lebih 2jam perjalanan di dalam kapal feri, gw excited banget ngeliat laut, ketemu angin. Emang dasar ikan, jadinya gw girang ketemu Neputunusnya (The God of the Sea) :D

- ini gw di atas kapal feri 'Duta Banten'-

Akhirnya sekitar jam 3 sore kita bersandar di pelabuhan Bakauheuni. Dari situ, gw sama tour guide gadungan gw (@aitummelody) nyoba2 ke Menara Siger. Menara yang menciri khaskan Lampung bgt. Dengan atap berbentuk mahkota gitu. Dari Bakau ke Menara Siger cukup naik ojek 10rb aja. Dan masuk ke area itu bayar 5rb.

- inilah dia Menara Siger!! -

Setelah dr Menara Siger, gw lanjutin perjalanan ke rumahnya @aitummelody di daerah Tanjung Karang. Lumayan nekat, kita coba naik travel gelap dengan modal keberanian yang cukup tipis.hahaha Tawar menawar harga cukup cepat, abangnya mau kita bayar 25rb aja. Kalo travel resmi biasanya 35rb (tergantung jarak). Perjalanan dr Menara Siger ke Tanjung Karang cukup memakan waktu yang ngga sebentar. Sekitar 2jam, dengan rute jalan yg berkelok-kelok, naik turun gunung. Kanan kiri tebing, sesekali terlihat laut dari jauh. Amazing place banget!! Serta ditemani supir bak Michael Schumacher, yang bawa mobilnya itu amat sangat cepat & amat sangat berani nyalip - nyalip dijalanan. Tegang mameeenn!! :|

Akhirnya sekitar jam 7 kurang kita sampe di rumah. Selesai beres2, kita langsung keluar rumah menyusuri kota Bandar Lampung. Kita sempet foto-foto dulu di bundaran gajah (anggap aja kaya bundaran HI-nya Jakarta,hehe). FYI, Lampung itu terkenal dengan gajahnya. Disana juga ada Way Kambas. Abis itu jalan ke arah lapangan Saburai. Tapi di tengah perjalanan, iseng-iseng kita masuk ke GOR, karena penasaran sama tempat latihan teater. Ternyata emang lagi beruntung aja, di GOR itu lagi ada acara 'Begawi Bandar Lampung' ada lomba tari kreasi. Begawi Bandar Lampung itu, semacam acara tahunan yang diadain buat nyambut HUT kota Bandar Lampung. Selain ada lomba tari kreasi yang diikutin para pelajar mulai dari SMP - Kuliah, ada juga pemilihan Muli & Mekhanai (sejenis Abang None).  Nontonlah kita disitu sampai sekitar jam setengah 10 malam. Cukup menyenangkan nonton pertunjukan tari dan musik. Ada yg main accordion segala! Langsung berkhayal pementasan Tartuffe ada musik accordionnya :')

- Bunderan Gajah-

- Begawi Bandar Lampung -

Balik ke rumah, ngga lama langsung tidur. Karena planning kita besoknya adalah ke Pulau Condong. Ternyata setelah pagi tiba, si mami-nya tour guide gw ini menyarankan untuk ke Pantai Mutun aja, lebih deket. Tapi emang dasar tour guide gadungan, temen gw yg lama tinggal di Lampung tapi dia ngga tau jalanan Lampung & ga bisa bahasa Lampung! OMG!! Rusaklah trip gw kali ini kawan!hahaha

Tapi jangan syediiihh, bermodal nekat dan keberanian lebih, akhirnya kita coba jalan ke Pantai Mutun. Naik angkot dari gang rumahnya 4rb/orang. Terus turun di Gudang Garem. Lanjut naik mobil tuyul (angkot yg belakangnya kebuka) dengan membayar 3rb/orang. Intermezzo sedikit, angkot-angkot di Lampung ini cukup unik. Karena hampir rata-rata angkotnya memutar lagu House Music alias RnB remix, atau apapun yg diremix dan jadilah musik dugem abang-abang angkot. Katanya sih, semakin lo kenceng nyetel musik itu & semakin ngebut bawa angkotnya, itu akan menjadi angkot idola para anak muda disini. Bisa ngebayangin kan kaya apa jadinya?? :p

Ada lagi nama tempat yang unik ketika mau naik mobil tuyul ini, namanya Pasar Cimeng. Entah kenapa gw pengen foto plangnya 'Pasar Cimeng', anjiiirr... jangan - jangan isinya jualan cimeng semua atau ngga pedagangnya pada nyimeng semua,hahahaha *ini khayalan tingkat dewa, jangan ditiru!!*

- ini dia plang pasar cimeng :)))) -

Lanjut lagi, perjalanan naik mobil tuyul ini seru dan menyenangkan, karena kita sama - sama ngga tau daerah situ tapi kita disuguhkan dengan pemandangan yang ajib. Jalannya berkelok - kelok, naik turun, kanan kiri kita tebing & pepohonan. Rasanya takut - takut nikmat! Halaahh...apa siihh :p

- indah bukaaannn........ -

Setelah naik mobil tuyul ini, bilang sama abangnya turun di Mutun. Dari sini akan ada ojek-ojek yg menanti untuk mengantarkan kita. Jaraknya kurang lebih 1 km, jadi harus naik ojek untuk masuk ke pantainya. Cukup membayar 5rb saja, kita akan diantar sampe pintu masuk pantai. Setelah itu kita bisa tukeran nomor hp (nilai plusnya,hihihi), biar bisa dijemput lagi pulangnya. Memasuki pantai Mutun ini kita bayar retribusi 5rb/orang.

- ini gw di pantai Mutun, duduk disalah satu batang pohon yang rendah. Maap kalo gaya fotonya agak bikin muntah, gw sendiri mual! hahahaha -

Kalo bosan di pantai Mutun jangan syedih, karena banyak taxi pulau alias perahu-perahu sampan yg siap mengantar kita ke pulau di seberang. Salah satunya adalah Pulau Tangkil, posisinya tepat di depan pantai Mutun. Dengan membayar 25rb/orang kita bisa secara eksklusif diantar pergi-pulang naik 'taxi pulau' itu. Dan lagi - lagi gw tukeran no.hp sama abang tukang 'taxi pulau'. Namanya Bang Aan, trendy sekali orangnya, giginya di behel, orangnya bersih, cara pemasarannya oke. Kalo butuh contactnya, bisa menghubungi gw. Ping Me! :')
Btw, kalo mau nyebrang orangnya banyak, bisa lebih murah, 10rb sekali jalan. Sekitar 1jam main-main di pulau Tangkil, dengan pasir putihnya yg halus, airnya yg jernih, serasa di surga. Aaiiihh!! Tapi sayangnya, karena lagi musim angin utara jadi warna airnya agak butek kehijauan. Dan disayangkan lagi, kurangnya pembersih pantai, jd agak banyak sampah-sampah yg berserakan.

Di pulau Tangkil kita juga bisa naik banana boat atau donat boat. Atau juga snorkeling dgn biaya 30rb selama 1 jam. Karena berhubung ngga prepare buat nyemplung ke air, akhirnya kita cukup menikmati pemandangan yg luaarr biasa menakjubkan sambil makan di atas pasir putih.

- Pulau Tangkil, sisi lain yang airnya berwarna hijau. Tapi tetep indah :') -

- inilah dia Tour Guide gadungan gw selama di Lampung. Ini disisi lain Pulau Tangkil -

Setelah jalan - jalan di pantai, akhirnya kita balik. Niatnya mau langsung balik, pesen travel biar ngga kemaleman. Tapi apalah daya ternyata lagi ada carnaval HUT kota Bandar Lampung. Akhirnya tertunda sampe jam 6 sore. Dan gw menyempatkan diri buat nonton carnavalnya.

- ini dia hasil foto di carnaval, yg gw kira dia jadi Hulk ternyata orang - orang bilang dia 'Buto Ijo'!! Oohh pliisss...otak gw udah ke brainstorm sama tokoh hollywood!! -

Karena udah kemaleman, kita pun galau. Dan sempet - sempetnya gw ngetwit 'Nama : Febri Nurmalasari aka Aming / status dan kondisi : terombang - ambing di lautan "cintamu". hahahaha geliiii!!!!
Jadi intinya mau nyampe Tangerang jam berapa??? Prediksi kita bener, pukul 00.30 dinihari kapal kita baru merapat ke Merak. Huwwooooo!!!

1. wah ming, sayang banget gak ke teluk kiluan...
    di situ surganya lumba-lumba lho

2. iya, awalnya emang pengen ke situ. Tapi kita survey dulu ke tempat lain. Next time harus!! :)